HAKIKAT PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN SAINS (SALING BERIRISAN KAH?

Oni Sahroni

Abstract


Dua tujuan utama dalam pendidikan adalah membuat manusia yang cerdas secara kemampuan dan cerdas secara perilaku (karakter). Sains memberikan pemahman dan mengenai manusia dengan pencipta-Nya. Metode dalam penulisan artikel ini adalah kajian dari artikel yang berkaitan dengan pendidikan karakter dan sains. Melalui kajian ini dapat disimpulkan bahwa sains dan karakter memiliki irisan yang keduanya saling berhubungan. Sains memberikan pemahaman tentang manusia dan mengenali penciptanya, aktivitas sains memberikan sifat yang objektif dan jujur dalam menyampaikan hasilnya, dua sikap ini merupakan hal yang penting dalam memberikan pondasi karakter bagi seseorang.


Full Text:

PDF

References


Ani, N. A. (2014). Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50–58.

Aqil, D. I. (2017). Literasi Sains Sebagai Konsep Pembelajaran Buku Ajar Biologi Di Sekolah. Wacana Didaktika, 5(02), 160. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.v5i02.59

Arif, R. M. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sains. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 226–239. https://doi.org/10.33654/sti.v2i1.385

Choli, I. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 35–52. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.511

Hasibuan, A. A., Syah, D., & Marzuki, M. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Di Sma. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 191. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1230

Ibrahim, Gunawan, Marwan, & Jalaluddin. (2019). HAKIKAT PEMBELAJARAN SAING Dalam Inovasi Kurikulum Karakter. SEFA BUMI PERSADA.

Jalal, F. (2011). Akhlak dan Pembangunan Pendidikan Karakter. Milad JSIT.

Kosim, M. (2011). Urgensi pendidikan karakter. Karsa, IXI(1), 85–92.

Kunci, K. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Perkuliahan. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(1), 95–107. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1291

Mayasari, T. (2017). Integrasi budaya Indonesia dengan Pendidikan Sains. Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika), 0(0), 12–17. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf/article/view/1606/1261

Muna, I., Rahayu, S., & Marfu’ah, S. (2017). Pemahaman Hakikat Sains Dan Inkuiri Ilmiah Calon Guru Kimia. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 2(2), 15–22. https://doi.org/10.17977/um026v2i22017p015

Nofiana, M., & Julianto, T. (2018). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal. Biosfer : Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 24. https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2876

Prasetyo, Z. K. (2013). Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. PROSIDING : Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 2(1), 246–256. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosfis1/article/view/3316

Shaumi, A. N. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) dalam Pembelajaran Sains di SD/MI. Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 246.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, I(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Sugiharto, B. (2011). Konsepsi Guru IPA Biologi SMP Se-Surakarta tentang Hakikat Sains. Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi, 1994, 406–411.

Susanti, R. (2013). Penerapan Pendidikan Karakter Di Kalangan Mahasiswa. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 480–487. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.46

Verawati, N. N. S. P., & Prayogi, S. (2016). Reviuw Literatur tentang Keterampilan Proses Sains. Prosiding Seminar Nasional Pusat Kajian Pendidikan Sains Dan Matematika, 2(May), 334–336.

Zubaidah, S. (2011). Pembelajaran Sains (IPA) Sebagai Wahana Pendidikan Karakter. Seminar Nasional II “Mewujudkan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Yang Profesional", June, 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v5i2.2602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â