PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI VIRUS DI KELAS X SMA YABUJAH SEGERAN INDRAMAYU

Megayani Megayani, Yasin Yasin

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengukur tingkat berpikir kreatif siswa; 2) pemahaman konsep siswa SMA Yabujah Segeran Indramayu Kelas X IPA, melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi Virus. Pembelajaran ini dirancang agar siswa menemukan sendiri pemecahan masalah melalui tindakan nyata. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang membandingkan siswa pada dua kelas yang diberi perlakuan yang berbeda. Adapun desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design (Group pretest-posttest design), dimana instrumen penelitian ini berbentuk tes. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Yabujah Segeran Indramayu Kelas X IPA. Disamping itu, hasil penelitian ini nantinya akan dipublikasikan pada jurnal kampus, guna menambah wawasan keilmuan akademisi maupun praktisi. Metode PBL ini dipilih dikarenakan model ini mampu menjembatani perbedaan karakteristik siswa. Pembelajaran dengan PBL menjadikan konsep Biologi disajikan secara nyata atau realistik, dengan begitu siswa benar-benar memahami konsep-konsep tentang “Virus†serta mampu berpikir kreatif bagaimana memecahkan masalah yang terjadi pada lingkungan. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa mampu berpikir kreatif dan terjadi peningkatan pemahaman siswa setelah diterapkannya model pembelajaran PBL. Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dibuktikan dengan hasil rata-rata 75 pada kelas kontrol dan 80 pada kelas eksperimen. Aktivitas siswa berdasarkan hasil analisis observasi meningkat setelah diterapkan model PBL. Tanggapan tersebut terbukti dengan adanya respon positif siswa 80% menyetujui dan menyukai pelajaran Biologi menggunakan model pembelajaran PBL. Berdasarkan interpretasi skor angket nilai tersebut termasuk dalam kategori kuat.

 

Kata Kunci : PBL, Pemahaman Konsep, Berpikir Kritis, Virus.

 

 

ABSTRACT

 

The purpose of the research is to measure the student creative thinking skill and the concept understanding on year 10 SMA Yabujah semior high school segeran Indramayu, through the application of  Problem Based Learning (PBL) teaching method. The method is designed for the student to solve their own problem in real action. The type of research is experimentalthat compare the student from two classes with two different treatment. Experiment design used in this research is non equivalent control group design (group pretest and posttest design the research instrument is test. The research subject is the student of SMA Yabujah Segeran Indramayu year 10 science class. The research result will be published in university journal to add the scientific knowledge for academic and practical. PBL method is choose because PBL method can be a bridge to cover student different characteristic, PBL makes the biology concept offer is realistic away, hopefully the student will be able to comprehend the concept about viruses and can push the student to think creatively how to solve the problem around. The result of the research shows that the student can think creatively and the student can develop their understanding after studying using PBL method. The test result from the experiment student is higher than the control student. The control student get 75 score and the experiment student get 80 score. Student activity is increased after result analysis observing after applying PBL method  the positive respond shows that 80% student love biology in PBL method, based interpretation score, the result is quite big.

 

Keyword: PBL, Concept Comprehension, Creative Thinking, Virus 

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Aripin, I. (2017). Modul Pelatihan Teknik Pengolahan Data Dengan Excel dan SPSS. Modul Pelatihan Metodologi Penelitian dan Analisis Data Statistik di IAIN Syekh Nurjati Cirebon : Tidak Diterbitkan.

Hasmiati, et al. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya.

Hartini, T. I. et al. (2014). Pengaruh Berpikir Kreatif Dengan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Tes Open Ended. JPII 3 (1) (2014) 8-11

Jinade, L. et al. (2013). Penerapan Media Poster Berbasis Inkuiri Dengan Strategi Kooperatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berpikir Rasional Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi “Bioscientistâ€, Vol. 2 No.1, ISSN 2338-5006 : 196

Masrinah, E., Aripin, I. Ghaffar, A.A. (2019). Problem Based Larning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor : Ghalia Indonesia.

Sanjaya, (2013). Kurikulum dan Pembelajaran : Teori dan Praktek Pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto, (2003). Strategi pengembangan kreatifitas siswa. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v4i2.1750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â