PENGARUH SUHU RUANGAN KELAS TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI SEMESTER VII (B)

intan putri, Ilma Nurfajriyani, Qisti Fadilatussaniatun

Abstract


Kualitas kegiatan akademik mahasiswa di ruangan kelas didominasi oleh aktifitas berfikir yang memerlukan konsentrasi tinggi. Suhu ruangan merupakan salah satu faktor penting yang harus diatur untuk menciptakan kenyamanan dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh suhu ruangan kelas terhadap konsentrasi belajar mahasiswa. Mahasiswa peendidikan biologi semester VII (B) sebanyak 38 orang diberikan angket dalam bentuk google form, untuk mengisi beberapa pertanyaan mengenai waktu, kisaran suhu, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi konsentrasi ruangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 92,9% menyatakan bahwa suhu berpengaruh terhadap kualitas belajar, dan 7,1% berpendapat mungkin. Dari hasil data tersebut dianalisis ke dalam beberapa faktor lainnya seperti pengaruh suhu, pengaruh jam matakuliah dan beban matakuliah yang diambil. Suhu yang diperoleh dari pengukuran yaitu dengan kisaran suhu diruangan kelas 24ºC dimulai dari 06.00-10.00 WIB, 32 ºC dimulai dari 10.00-14.00 WIB, dan 28 ºC dimulai dari 14.00-18.00 WIB..

Kata Kunci : Suhu, konsentrasi belajar, kenyamanan kelas.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v5i1.1744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â