PENGARUH KEMAMPUAN AWAL, JENIS KELAMIN, DAN LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN BIOLOGI SISWA

Fatna Susan Sindarus, Tri Wahyuningsih, Ahmad Anis Abdullah

Abstract


ABSTRAK

 

Kemampuan siswa sangat menarik untuk diteliti, hal ini dikarenakan kemampuan siswa sering mengalami pasang surut dikarenakan faktor eksternal dan internal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor internal yang terdiri atas kemampuan awal dan jenis kelamin, serta faktor ekternal yaitu lingkungan belajar terhadap kemampuan belajar biologi siswa di Madrasah Aliyah Nurul Ummah. Metode yang digunakan adalah analisis data longitudinal untuk mengetahui parameter populasi yang mempengaruhi kemampuan biologi siswa. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan Interaksi antara variabel kemampuan awal dan perlakuan cukup signifikan dalam mempengaruhi penurunan kemampuan bagi siswa yang tidak di asrama. Siswa perempuan cenderung memiliki kemampuan  lebih tinggi dalam mata pelajaran biologi dari pada siswa laki-laki. Selain itu siswa dengan kemampuan awal yang tinggi cenderung memiliki kemampuan yang lebih tinggi dari siswa dengan kemampuan yang rendah.

 

Kata Kunci : kemampuan biologi, kemampuan awal, jenis kelamin, lingkungan belajar.

 

ABSTRACT

 

The ability of students is very interesting to study, this is because the ability of students often experience ups and downs due to external and internal factors. The purpose of this study was to determine the effect of internal factors consisting of initial ability and gender, as well as external factors, namely the learning environment on the ability to study biology of students in Madrasah Aliyah Nurul Ummah. The method used is the analysis of longitudinal data to determine population parameters that affect students' biological abilities. Based on the research, it was concluded that the interaction between the initial ability variable and the treatment was quite significant in influencing the ability decline for students who were not in the dormitory. Female students tend to have higher abilities in biology subjects than male students. In addition students with high initial abilities tend to have higher abilities than students with low ability.

Keywords: biological ability, initial ability, gender, learning environment.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A.A. 2016. “Peran Guru dalam Mentransformasi Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya. “Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FKIP UNS 2016. Surakarta.

Astuti, Siwi Puji. 2015. “Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Terhadap Pertasi Belajar Fisika.â€Formatif: Jurnal Ilmu Pendidikan MIPA 5(1): 68-75.

Danardono. (2015). Analisis Data Longitudinal. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Halimatul, Iim. 2018.â€Pengaruh Pendekatan Lingkungan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa.†Jurnal Bio Educatio 3(2): 1-7.

Hambleton, Ronald K; Swaminathan, H; dan Jane Rogers, H. 1991. Fundamentals of Item Response Theory. London: SagePublications.

Herawati, Rosita Fitri, Sri Mulyani, dan Tri Redjeki. 2013.â€Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Siswa SMA Negeri I Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012.â€Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) 2(2): 38-43.

Gunawan, Imam. 2011. “Lingkungan Pendidikanâ€. Jurnal Manajemen Pendidikan Sosoial. Hlm. 23 – 30.

Kurniawan, didik, dan dhoriva Urwatul Wustqa. 2014. “Pengaruh Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP.â€Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1(2): 176.

Ramdiah, Siti. 2012. “Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Putra dan Putri Kelas XI IPA SMA Di Kota Banjarmasin Pada Strategi Pembelajaran PQ4R Diintegrasikan Peta Konsep. Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS. 2012. Surakarta.

Richardo, Rino , Abdullah, A. A. dan, Yuherni. 2018.†Identifikasi Tingkat Kreativitas Siswa Slow Learner Dalam Memecahkan Masalah Matematika.†de Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika 1(1): 39-45




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v4i2.1579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â