KEBUTUHAN MEDIA PRAKTIKUM ANATOMI TUMBUHAN BERBASIS MIKROSKOP DIGITAL SISTEM BLENDED LEARNING

S Sugianto, A Fitriani, S Anggraeni, W Setiawan

Abstract


ABSTRAK

 

Kegiatan kependidikan tidak terlepas dari masalah kegiatan belajar mengajar antara pendidikan dan mahasiswa, dan didukung oleh sarana dan prasarana serta media pengajaran yang menunjang berlangsungnya proses pembelajaran. Berdasarkan hasil studi pendahuluan sarana dan prasarana laboraturium biologi di Universitas wiralodra Indramayu cukup memadai, seperti mikroskop digital yang dugunakan pada praktikum anatomi tumbuhan tidak memberikan pengaruh yang besar terhadap hasil belajar mahasiswa. Mereka merasa jenuh dan bosan dalam melakukan praktikum anatomi tumbuhan, segingga minat mereka dalam melaksanakan proses pembelajaran sangat rendah. Berdasarkan fenomena tersebut, maka perlu diselidiki media praktikum seperti apakah yang dibutuhkan mahasiswa dalam menunjang proses pembelajaran praktikum anatomi tumbuhan. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan sampel atau sumber data pada penelitian ini dilakukan secara puposive dan untuk ukuran sampel tersebut ditentukan secara snowball, taknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan), analisa data bersifat kualitatif dan hasil penelitian menekankan makna generalisasi. Berdasarkan hasil survai kebutuhan media praktikum anatomi tumbuhan, maka terjawab bahwa yang dibutuhkan mahasiswa yaitu mikroskop digital, web sosial media, live streaming, dan optilab. Semuanya itu terefleksikan menjadi sebuah mikroskop digital sistem blended learning yang dapat memfasilitasi praktikum anatomi tumbuhan.

 

Kata kunci : anatomi tumbuhan, mikroskop digital, blended learning.


Full Text:

PDF

References


Barber, P.R., Tullis, I.D.C., Pierce, G.P.& Newman R.G. (2013). The Gray Institute ‘open’ high-content, fluorescence lifetime Microscopes. Journal of Microscopy. Vol. 251 : 154–167

Bogdan, Robert and Taylor Steven.J. 1975. Introduction to Qualitative Research Methods. USA : A Wiley-Interscience Publication

Chris Stewart and John Giannini. (2016). Inexpensive, Open Source Epifluorescence Microscopes. Journal of Chemical Education: 10.1021/acs. 5b00984

Drace, K., Couch.B, and Patrick J. K. (2012). Increasing Student Understanding of Microscope Optics by Building and Testing the Limits of Simple, Hand-Made Model Microscopes. Journal of microbiology & biology education.Curiculum p. 45-49

Kaufmann, A., Mickoleit, M., Michael Weber, M. & Huisken, J. (2012). Multilayer mounting enables long-term imaging of zebrafishdevelopment in a light sheet microscope. Development, 139, 3242-3247. Retrieved September 20, 2016, from The Company of Biologists Ltd.

Kim H, Gerber LC, Chiu D, Lee SA, Cira NJ, Xia SY, et al. (2016). LudusScope: Accessible Interactive Smartphone Microscopy for Life-Science Education. PLoS ONE 11(10): e0162602.

Paul Drijvers. (1999). Student Encountering obstacles using a CAS. Israel : Freudenthal Intitute

Peter W. Hamilton, Wang Y, and Stephen JM. (2012). Virtual microscopy and digital pathology in trainingand education. Review Article. 120: 305–315

Uros Krzic, Stefan Gunther, Timothy Saunders E., Sebastian Streichan J. & Lars Hufnagel. (2012). Multiview light-sheet microscope for rapid in toto imaging. Brief communications. Vol. 9. No.7

Yanping Tian, Wengang Xiao, Chengren Li, Yunlai Liu, Maolin Qi. (2014). Virtual microscopy system at Chinese medicaluniversity: an assisted teaching platform forpromoting active learning and problem-solvingskills. BMC Medical Education Development, 74, 1472-6920. Retrieved September 20, 2016, from http://www.Biomedcentral.com/ 1472-6920/14/74.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v4i1.1572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â