PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN

Mufti Ali, Siska Amalia

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada sub konsep Pencemaran Lingkungan di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Kawali. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2018 sampai dengan bulan Juni 2018 di SMA Negeri 1 Kawali.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode true eksperimental design dengan populasi kelas X SMA Negeri 1 Kawali, sebanyak 6 kelas dengan jumlah peserta didik 215 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik, digunakan instrumen berupa uraian (essay) berjumlah 10 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah  uji ANCOVA (Analysis of covariance) dengan α 0,05. Hasil penelitian diperoleh nilai N-Gain pada kemampuan berpikir kritis di kelas eksperimen dengan kategori sedang. Sedangkan untuk nilai N-Gain kemampuan berpikir kritis di kelas control diperoleh kategori rendah. Uji ANCOVA ditunjukan dengan signifikansi corrected model sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis.

 

Kata Kunci : model pembelajaran problem solving, kemampuan  berpikir kritis dan Pencemaran Lingkungan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abidin, Yunus. (2016). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Abidin, Yunus. (2016). Revitalisasi Penilaian Pembelajaran. Bandung:PT Refika Aditama.

Djalante, Susanti. (2010). “Analisis Tingkat Kebisingan di Jalan Raya yang menggunakan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APIL)â€. Vol. 8 No.4. Kendari: Universitas Halu Uleo.

Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. (terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Sari, Widia Ratna. dkk. (2013). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dalam Kelompok Kecil untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajarâ€. Malang: Universitas Negeri Malang

Tawil, Muh. Dan Liliasari. (2013). Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makasar: UNM Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v3i2.1143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â