PERBEDAAN HASIL BELAJAR MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI YANG PROSES PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN BLENDED LEARNING DAN E-LEARNING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

Dani Ramdani, Liah Badriah

Abstract


ABSTRACT

The purpose of this research was to know the difference of the students learning  outcomes  using  blended learning and e-learning on  the concept human digetive System.This research was done on August 2016 until October  2016 in Biology educational Department. The method that is used in this research is pre- experimental method. The population of this research is all first semester students are four classes with 137 students. Samples used by 2 classes are taken by cluster random sampling is A class  with 32 students and B class with 32 students. Research instrument is a learning outcomest test about human digetive System concept ,This test consist of 30 items of multiple choice question with five options in each question. The researcher use tcount to analyze the data result with a significance level (α) = 5 %.Result  of  the  research  shows  that  difference  of  student’s learning outcomes that use blended learning and e-learnig on the concept human digestive System.

 

Keywords: blended learning, e-learning, human digestive system.

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa yang proses pembelajarannya menggunakan blended learning dan e-learning pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustsu 2016 sampai dengan bulan Oktober 2016 di jurusan pendidikan biologi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat 1 sebanyak empat kelas,  dengan  jumlah  siswa  sebanyak  137  mahasiswa.  Sampel  yang  digunakan sebanyak dua kelas yang diambil dengan cluster random sampling yaitu kelas A sebanyak 32 siswa dan kelas B sebanyak 32 siswa. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar pada materi sistem pencernaan manusia. Tes ini berupa pilihan majemuk sebanyak 30 butir soal dengan lima options. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan (α) = 5 %. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan, dan analisis data menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang model pembelajarannya menggunakan blended learning dan e-learning pada materi sistem pencernaan manusia.

 

Kata Kunci: blended learning, e-learning,  sistem pencernaan manusia.


Full Text:

PDF

References


Anderso. Lorin W.; Krathwohl, David R ; Arisanian, Peter W.; Cruikshank; Kathleen A.; Mayer, Richard E.; Paul R.; Raths, James; dan Wittrock, Merlin C. (ed) (2001). A Taxonomy for Learning Teaching and Assessing A revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectivities. Abridged Edition. New York : Longman Inc.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta, Rineka Cipta.

Campbell, N.A., Reece., J.B.Urry, L.A., Wasserman, A.A., Minorsky, P.V., dan Jackson, R.B. (2008c). Biologi Jilid 3. (Edisi Kedelapan). Jakarta : Erlangga.

Djamarah, Bahri Syaiful dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhibbin Syah. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Purbo. 2002. Flash Design dan Animasi Web. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Renaldo, Ferri. 2009. Moodle dan Fitur-fiturnya. [online] tersedia di: http://ilmukomputer.org/wp-contents/ uploads/20099/02/ferri-fiturmoodle.pdf. (26/110/2016).

Ruseffendi. 2010. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, kulaitatif dan R&D, Bandung : Alpfabeta.

Sukari.2011. Learning Management System ElearningPro. [online] tersedia di: http://www.pasweb.com/LMS/LearningManagementSystemElearningProPortalPaketAplikasiSekolahPASberbasisWeb.htm. (20/10/2016).

Suwartono. 2014. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Wahono, R.S. 2009. System e-learning berbasis model motivasi komunitas [online] tersedia di: http://ilmukomputer.org/wp-contents/uploads/2007/10/romi-modelmotivasikomunitas-3oktober2007.zip. (26/10/2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v3i1.1077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â