ACADEMIC SELF-EFFICACY MAHASISWA CALON GURU SD DALAM PEMBELAJARAN KONSEP DASAR IPA SUBKONSEP BIOLOGI

Leo Muhammad Taufik

Abstract


Sebagai lembaga pendidikan tenaga kependidikan, program studi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) bertanggung jawab menghasilkan lulusan yang kompeten sebagai agen pembelajaran. Academic self efficacy diduga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pencapaian kompetensi yang dibutuhkan oleh lulusan program S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).  Subjek dalam penelitian ini yaitu 145 mahasiswa program studi PGSD semester genap tahun akademik 2017/2018. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap secara deskriptif tentang academic self-efficacy (ASE) mahasiswa calon guru SD dalam Pembelajaran IPA subkonsep Biologi melalui metode survei. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner yang diadaptasi dari academic self-efficacy scale (ASES) yang dikembangkan dengan mengacu pada dimensi self-efficacy menurut Bandura. Sebanyak 72 item terdiri dari pernyataan positif dan pernyataan negatif yang digunakan untuk menjaring data academic self-efficacy mahasiswa calon guru SD. Sebaran hasil penilaian ASE yang berupa skala sikap atau nilai mahasiswa calon guru SD menunjukkan 3,7% mahasiswa memiliki tingkat ASE tinggi, 50,2% mahasiswa tergolong kategori sedang dan 46,1% mahasiswa termasuk kategori ASE rendah. Temuan dari penelitian ini merekomendasikan serangkaian upaya pembimbingan intensif yang ditujukan untuk meningkatkan ASE mahasiswa calon guru SD.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v3i1.1006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â