Pengaruh menghafal al-qur’an terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa

Alfia Azkia, Heni Pujiastuti

Abstract


Literasi dan Numerasi memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan siswa. Keterampilan literasi memungkinkan siswa untuk mengakses pengetahuan, meningkatkan komunikasi, memecahkan masalah, dan menjadi mandiri dalam pembelajaran. Kemampuan numerasi membantu siswa memahami dan menggunakan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari, serta memberikan fondasi yang kuat untuk pemecahan masalah dan kesempatan karir yang lebih baik. Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan agar kemampuan literasi dan numerasi meningkat adalah dengan menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah metode menghafal Al-Qur'an memiliki pengaruh terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas VIII di SMPN 1 Karangtanjung Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain The Experimental Design yang mengadopsi bentuk Posttest-Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar tes sebagai instrumen penelitian. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VIII.A dan VIII.B di SMPN 1 Karangtanjung, dengan kelas VIII.A sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII.B sebagai kelompok eksperimen. Setelah melakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari metode menghafal Al-Qur'an terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas VIII di SMPN 1 Karangtanjung Pandeglang. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t, di mana nilai t-hitung adalah 8.12 dan t-tabel adalah 1.67, sehingga t-hitung lebih besar daripada t-tabel.


Full Text:

PDF

References


Arahmah, F., Yudha, C. B., & Ulfa, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Pada Matematika Melalui Metode Student Facilitator and Explaining. Prosiding …. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1300

Damayanti, N. W., Ikhwaningrum, D. U., & ... (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Berbasis Aktivitas Pola Hidup Sehat. JMM (Jurnal Masyarakat …. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/8638

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan literasi sekolah dan literasi numerasi melalui model blanded learning pada siswa kelas v sd kota singaraja. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121

Darwanto, D., & Putri, A. M. (2021). Penguatan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi pada Pembelajaran di Sekolah:(sebuah Upaya Menghadapi Era Digital dan Disrupsi). Eksponen. https://jurnal.umko.ac.id/index.php/eksponen/article/view/381

Fatmi, F. (2022). Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Quran terhadap Pemahaman Konsep Matematika bagi Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Pancasila Kota Bengkulu. repository.iainbengkulu.ac.id. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9579

Ginanjar, M. H. (2017). Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa Di Ma’Had Huda Islami …. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan …. http://www.jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/94

Jr, R. R., Luthfi, A., & Fauziddin, M. (2018). Pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan menyimak pada anak usia dini. Aulad: Journal on Early …. https://www.aulad.org/index.php/aulad/article/view/5

Nasution, A. A. (2022). Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode One Day One Ayat Terhadap Kecerdasan Intelektual Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas …. repository.umsu.ac.id. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20384

Rahma, A. (2018). Implementasi program pengurangan risiko bencana (PRB) melalui pendidikan formal. In Jurnal Varidika. journals.ums.ac.id. https://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/download/6537/3986

Rifa’i, R., & Sartika, N. S. (2018). Penerapan pembelajaran investigasi kelompok terhadap hasil belajar matematis siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Analisa. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/article/view/1960

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2041

Sujadi, I. (2022). Inovasi Pembelajaran Matematika yang Menguatkan Literasi dan Numerasi untuk Mendukung Profil Pelajar Pancasila. Prosiding Mahasaraswati Seminar Nasional …. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/Prosemnaspmatematika/article/view/4145

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia tahun 2018 turun dibanding tahun 2015. scholar.archive.org. https://scholar.archive.org/work/6f2txnodkrdvrlrkvuymq5uxo4/access/wayback/https://s3-eu-west-1.amazonaws.com/pfigshare-u-files/23794445/HasilPISAIndonesiaTahun2018TurunDibandingTahun2015.pdf

Widiani, D. (2018). Konsep Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. In Murabby: Jurnal Pendidikan Islam. download.garuda.kemdikbud.go.id. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1758069&val=18728&title=KONSEP PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN

Widiastuti, D., Mulyadiprana, A., & ... (2022). Pembelajaran berbasis literasi dan numerasi di kelas IV sekolah dasar. Edu Cendikia: Jurnal …. https://jurnal.itscience.org/index.php/educendikia/article/view/1606




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v8i1.4882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.