Pengembangan Media Pembelajaran Anseku Berbasis Android Pada Tingkat SMP

Ratnah Lestary

Abstract


 

This study aims to determine student and teacher assessment of learning media that have been developed by researchers. This study uses the method of analysis, design, development, implementation and evaluation. The results of student assessments of Android-based learning media in Pythagorean material, especially in the sub-section of the comparison of the sides of the triangles in the response questionnaire, obtained an average percentage of 75.9% in the appropriate category. The results of the teacher's assessment of Android media obtained an average percentage of an average of 80.3% in the feasible category.

Keywords: Android, development, response, triangle, media


Full Text:

PDF

References


Fata Nidaul Khasanah, S. M. (2019). Pengujian Beta Pada Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Dasar Islam Melalui Kuesioner. Infokam Nomor II Th. XV/September/2019, 84.

Huda, A.A. 2013. 9 Aplikasi Android Buatan Sendiri. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 18.

Ketut Sepdyana Kartini, I. N. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android . Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, Volume 4, Number 1, 2020, pp. 12 - 19, 13.

M. Subana dan Sunarti. (2011). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Berbagai Pendekatan, Metode Teknik, dan Media Pengajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia

Nazalin, N., dan Muhtadi, A. 2016. Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran kimia pada materi hidrokarbon untuk siswa kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 3(2), 221.

Purbasari, R.J., Kahfi, M.S., dan Yunus, M. 2012. Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematik Vol.1. No.2. Universitas Negeri Malang.

Purwanto, Y. dan Rizki, S. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 4. No.1, hal 67-77. Universitas muhammadiyah metro

Puspita, D.E.K, dan Muhtadi, A. 2018. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kimia Berbasis Android Menggunakan Prinsip Mayer pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 5(1), 38-47.

Risna Mira Bella Saragih, K. M. (2021). Respon Siswa MTs Swasta AI-UMM Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Corona. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 05, No. 02, Juli 2021, pp. 1729-1738, 173-174.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wahyu Arini. E.L(2019). Respon Siswa Terhadap Alat Pirolis Sampah Plastik Sebagai Media Pembelajran Berbasis Lingkungan Di Smp Musi Rawas. Thabiea : Journal Of Natural Science Teaching, 102.

Yahya, M.A. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Materi Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Program Studi Keahlian Elektronika Industri Di SMK. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v8i1.4459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.