ANALISIS SOAL UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Tahun Ajaran 2018/2019

rika mulyati Mustika sari, Irena Puji Luritawaty, Jarnawi Afgani Dahlan, Ginda Maruli Andi Siregar

Abstract


Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) merupakan program pemerintah dalam rangka melaksanakan evaluasi capaian kompetensi siswa yang dilakukan sekolah dan pengakuan atas prestasi belajar. Namun, proses pelaksanaan USBN dengan anggaran yang tidak sedikit ternyata belum se-ideal yang seharusnya. Aturan pembuatan soal USBN yang menyatakan bahwa 75%-80% butir soal USBN dibuat oleh  guru-guru atau tutor yang dikonsolidasikan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) menimbulkan pro-kontra, mengingat kualitas guru yang belum merata di Indonesia. Kualitas soal USBN pun dipertanyakan. Urgensi tersebut mendorong peneliti untuk melakukan analisis terhadap soal USBN, dengan tujuan meninjau kesesuaian soal USBN antara kisi-kisi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dengan butir soal USBN yang disusun oleh daerah (Kabupaten), meninjau kategori tingkat keterampilan berpikir pada soal USBN, dan meninjau prediksi obstacle siswa pada option pilihan ganda. Instrumen yang digunakan adalah kisi-kisi soal dan soal USBN Matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP) salah satu kabupaten di Jawa Barat Tahun Ajaran 2018/2019, pedoman kategori tingkat keterampilan berpikir siswa, serta pedoman wawancara. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan studi literasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas soal USBN belum optimal karena 28,57% kisi-kisi USBN tidak sesuai dengan soal USBN, kategori tingkat keterampilan berpikir pada soal USBN masih didominasi oleh soal LOTS sebanyak 88,57% (indikator taksonomi Bloom) dan 91,43% (indikator stimulus, multiple layers of thought, unfamiliar contex, real-life situation, dan non repetitive), serta pilihan jawaban yang tersedia pada soal pilihan ganda USBN belum memperhatikan prediksi obstacle siswa.


Full Text:

PDF

References


Anderson, & Krathwohl. (2016). Bloom’s Taxonomy Revised. Leslie Owen Wilson.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku pengangan pembelajaran beroriantasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru da Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maharani, Esthi dan Gumanti A. (2018). Pengamat: Pembuatan Soal USBN Oleh Guru Perlu Dikaji. Repbublika.co.id. Akses: 21 Desember 2019

Mohamed, R., & Lebar, O. (2017). Authentic Assessment in Assessing Higher Order Thinking Skills. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(2), 466–476. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v7-i2/2021

{Krathwohl, D. R.2001. A revision of Bloom’s Taxonomy: an overview – Theory Into Practice, College of Education, The Ohio State University Pohl. 2000. Learning to think, thinking to learn: ( tersedia di www.purdue.edu/geri diakses 20 November 2019).

Peraturan Menteri Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia No. 5 Tahun 2015 Tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik, Penyelenggaraan Ujian Sekolah/ Madrasah/ Pendidikan Kesetaraan pada SMP/MTs atau yang sederajad dan SMA/MA/SMK atau yang sederajat. 11 hlm.

Peraturan Menteri Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. 12 hlm. Permendikbud 2013. Penilaian. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sappaile, Basi Intan dan Triyanto P. (2019). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional dengan Pendekatan Klasik dan Teori Butir Mata Pelajaran Matematika. Makasar: Proseding Seminar Nasional LP2M UNM-2019. ISBN: 978-623-7496-14-4




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v4i2.1862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.