PENGARUH PROMOSI DAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Konsumen Dealer Helmi Hendra Cikijing)

HARIS FAUZI

Abstract


Pemasaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui kebutuhan konsumen dan mencoba untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut melalui promosi, distribusi, pelayanan serta membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dengan tujuan menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi : promosi, distribusi, dan keputusan pembelian pada konsumen Dealer Helmi Hendra Cikijing serta seberapa besar pengaruh promosi, distribusi dan keputusan pembelian pada konsumen Dealer Helmi Hendra Cikijing.

Metode penelitian ini digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 orang yang merupakan responden atau konsumen pada Dealer Helmi Hendra Cijiking. Untuk dapat menganalisis sejauh mana pengaruh promosi dan distribusi terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen pada Dealer Helmi Hendra Cikijing maka dilakukan uji instrumen penelitian yaitu dengan menghitung validitas, dan menghitung reliabilitas. Alat analisis data menggunakan analisis korelasi berganda.

Berdasarkan hasil penelitian secara parsial diketahui bahwa promosi dan distribusi mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan pengujian secara simultan juga menunjukkan bahwa promosi dan distribusi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada konsumen Dealer Helmi Hendra Cikijing.

 

Kata Kunci : Promosi, Distribusi dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.