PENGARUH VOLUNTARY DISCLOSURE, BETA SAHAM, DAN SIZE PERUSAHAAN TERHADAP COST OF EQUITY CAPITAL

MELIA WIDA RAHMAYANI

Abstract


Biaya modal ada yang berasal dari ekuitas (cost of equity capital) dan ada yang berasal dari hutang (cost of debt). Risiko investasi yang tinggi pada sebuah perusahaan maka akan menjadikan tingkat pengembalian yang diinginkan oleh investor juga tinggi. Karena untuk memperoleh return yang tinggi akan diimbangi oleh risiko yang tinggi. Artinya ketika tingkat risiko rendah maka akan berimbas kepada tingkat pengembalian (cost of equity capital) yang rendah pula. Faktor yang mempengaruhi cost of equity capital adalah voluntary disclosure, beta saham, dan size perusahaan. Perusahaan manufaktur mempunyai respon yang tinggi terhadap informasi, sangat terkait dan dipengaruhi oleh kondisi perekonomian serta faktor pasar yang lain. Sehingga perusahaan manufaktur cenderung memiliki tingkat risiko yang fluktuatif dalam penanaman modal. Hal tersebut yang akan mengakibatkan naik turunnya cost of equity capital.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh voluntary disclosure, beta saham dan size perusahaan terhadap cost equity capital secara parsial dan simultan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2011-2013. Metode analisis data yang digunakan  adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis verifikatif. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda.

Berdasarkan pengujian hipotesis maka didapatkan hasil bahwa voluntary disclosure tidak berpengaruh signifikan terhadap cost of equity capital. Beta saham berpengaruh signifikan terhadap cost of equity capital. Size perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap cost of equity capital. Kemudian secara simultan voluntary disclosure, beta saham, dan size perusahaan berpengaruh signifikan terhadap cost of equity capital.

 

Kata Kunci : Voluntary Disclosure, Beta Saham, Size Perusahaan dan Cost Of Equity Capital

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.