PENGARUH CASH HOLDING, PROFITABILITAS DAN NILAI PERUSAHAAN TERHADAP INCOME SMOOTHING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015)

WULAN RIYADI

Abstract


Laporan keuangan menjadi alat utama untuk memberikan informasi mengenai laba, maka penelitian terhadap praktik perataan laba (income smoothing) menarik untuk diteliti ditengah banyaknya perusahaan go public di Indonesia yang harus mempertanggungjawabkan kinerjanya kepada publik. Praktik perataan laba (income smoothing) dijadikan sebagai usaha manajemen perusahaan untuk mengurangi fluktuasi laba yang dilaporkan. Usaha untuk mengurangi fluktuasi laba adalah suatu bentuk manipulasi laba agar jumlah laba suatu periode tidak terlalu berbeda dengan jumlah laba periode sebelumnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015 yang melakukan praktik perataan laba (income smoothing). Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik analisis deskriptif dan verifikatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015. Sampel penelitian ini adalah 84 perusahaan yang diseleksi dengan kriteria tertentu. Uji hipotesis menggunakan uji t untuk uji parsial dan uji F untuk uji simultan, alat analisis data yang digunakan yaitu uji regresi logistik dengan bantuan SPSS versi 21.

Hasil penelitian menunjukan bahwa banyak perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015 yang melakukan praktik perataan laba (income smoothing). Secara parsial cash holding dan nilai perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap income smoothing, sedangkan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap income smoothing. Secara simultan cash holding, profitabilitas dan nilai perusahaan berpengaruh signifikan terhadap income smoothing.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.