ANALISIS TENTANG KEMANDIRIAN PEMBANGUNAN DAERAH (Studi Pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat Tahun 2009-2013)

MELIA WIDA RAHMAYANI

Abstract


Kemandirian daerah adalah kemampuan pemerintah daerah dalam menggali sumber-sumber pendapatan daerahnya serta mampu untuk membiayai sendiri kegiatan pemerintahan, sehingga ketergantungan kepada pemerintah pusat mempunyai proporsi yang lebih kecil. Keberhasilan otonomi daerah tidak terlepas dari kemampuan dalam bidang keuangan yang merupakan salah satu indikator penting dalam menghadapi otonomi daerah. Perekonomian Jawa Barat pada tahun 2013 yang ditunjukkan dengan nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) tumbuh sebesar 6,06 % dibanding tahun 2012(BPS, Provinsi Jawa Barat). Peningkatan PAD sebenarnya merupakan ekses dari pertumbuhan ekonomi (Saragih, 2003)4). Daerah yang pertumbuhan ekonominya positif mempunyai kemungkinan mendapatkan kenaikan PAD. Sejalan dengan upaya untuk memantapkan kemandirian pembangunan daerah yang dinamis dan bertanggung jawab, hal ini tidak lepas dari peran serta para perangkat/pegawai pemerintah daerah dalam menunjang pelaksanaan otonomi daerah yang banyak berkaitan dengan birokrasi pemerintah daerah yang berhubungan dengan pelayanan publik (public service).

Penelitian ini dilakukan pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh tax effort dan belanja pegawai terhadap kemandirian pembangunan baik secara parsial maupun secara simultan. Metode yang digunakan adalah metode survey dan dirancang sebagai penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Kabupaten/Kota d Provinsi Jawa Barat yang terdri 26 Kabupaten/Kota dengan menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan.

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa tax effort dan belanja pegawai baik secara simultan maupun parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian pembangunan daerah di Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.