Tenun Ikat Amarasi: Upaya Pewarisan Budaya Melalui Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar

Maria Magdalena Beatrice Sogen, Sapriya Sapriya, Nana Supriatna, Kokom Komalasari

Abstract


Pendidikan adalah sebuah proses pewarisan budaya serta karakter terhadap generasi muda sebagai generasi penerus tonggak peradaban berlangsungnya kehidupan. Menggali dan menanamkan kembali kearifan lokal melalui pembelajaran merupakan bagian dari upaya membangun identitas bangsa dan dapat dijadikan sebagai sarana dalam menyeleksi pengaruh budaya yang datang dari luar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan tenun ikat Amarasi sebagai kearifan lokal 2) mendeskripsikan integrasi materi tenun ikat Amarasi dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar sebagai upaya pewarisan budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Desa Teunbaun, Kecamatan Amarasi Barat, Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh 1) tenun ikat Amarasi sebagai kearifan lokal dan 2) integrasi materi tenun ikat Amarasi dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar sebagai upaya pewarisan budaya. Konten tenun ikat Amarasi ini dapat diaplikasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar khususnya pada kelas 4 tema 1 “Indahnya kebersamaan†dan tema 7 “Indahnya Keberagaman di Negerikuâ€. Guru dapat memaksimalkan pendidikan IPS melalui kegiatan yang menyenangkan namun tetap sarat nilai melalui tenun ikat Amarasi di sekolah dasar sebagai upaya pewarisan budaya.

Full Text:

351-361

References


Abdullah, I., Hudayana, B., Setiadi, Kutanegara, P. M., & Indiyanto, A. (2019). Beyond School Reach: Character Education in Three Schools in Yogyakarta, Indonesia. Journal of Educational and Social Research, 9(3). https://doi.org/10.2478/jesr-2019-0032

Adhi, Y. P., Sulistianingsih, D., & Fidiyani, R. (2021). Pengelolaan Kekayaan Intelektual Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Budaya Literasi, Kreativitas, Dan Inovasi. Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia, 04(1), 18–30.

Arifah, R. N., & Damayanti, A. (2022). Teknik Pewarnaan Tekstil dengan Bahan Pewarna Alam pada Ready to Wear Riyan Nur Arifah dan Ariyana Damayanti. Jurnal Teknologi Busana Dan Boga , 10(2), 74–84. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/teknobuga/index

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revi). Rineka Cipta.

Ayatrohaedi. (1986). Kepribadian Budaya Bangsa (Local genius. Pustaka Jaya.

B. Setiawan, & RR. N. Suwarningdyah. (2014). Strategi Pengembangan Tenun Ikat Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(3), 353–367. https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/150

Chotimah, N. (2022). Peran Perempuan Pengerajin Tenun Ikat Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Desa Kajowair. FIRM Journal of Management Studies, 7(1), 11. https://doi.org/10.33021/firm.v7i1.1569

Cucu Sukmawati; Endang Herawan. (2016). Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Komitmen dan Mutu Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2), 68–88.

Darmadi, H. (2018). Educational Management Based on Local Wisdom (Descriptive Analytical Studies of Culture of Local Wisdom in West Kalimantan). JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 3(1), 135. https://doi.org/10.26737/jetl.v3i1.603

Efendi, A. (2014). Implementasi Kearifan Budaya Lokal Pada Masyarakat Adat Kampung Kuta sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Sosio Didaktika, 1(2), 211–218.

Fernandez, D., Susanti, E. N., & Nuwa, G. G. (2018). Nilai - Nilai Kearifan Lokal Tenun Ikat Sikka Sebagai Basis Potensi Ekonomi Kreatif Perempuan Sikka. Prosiding Kolokium Doktor dan Seminar Hasil Penelitian Hibah, 1(1), 604–623. https://doi.org/10.22236/psd/1111-1899

Felia Siska, Sapriya, Nana Supriatna, Neiny Ratmaningsih, & Irwan. (2023). The Influence of Entrepreneurship Educational Characteristics on Traders’ Income Levels and Business Development. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 8(1), 117–132. https://doi.org/10.25217/ji.v8i1.1835

Hidayati, N. A., Waluyo, H. J., Winarni, R., & Suyitno. (2020). Exploring the implementation of local wisdom-based character education among indonesian higher education students. International Journal of Instruction, 13(2). https://doi.org/10.29333/iji.2020.13213a

Hurri, I., & Widiyanto, R. (2018). Pembelajaran Ips Berbasis Nilai Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa Smp. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 2(1), 12–23. https://doi.org/10.20961/jdc.v2i1.18338

Irwan, I. F. S. (2020). Pelestarian Nilai-nilai Kearifan Lokal Mandulang Ameh di Nagari Sisawah Sebagai Sumber Belajar IPS. Prosiding Seminar Nasional Biologi Edukasi, 21(1), 1–9. http://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/

Jati, I. M. (2022). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sasirangan Sebagai Sumber Belajar IPS. Jpips, 14(2), 281–293.

Karsiwan; et al. (2017). Pembelajaran IPS Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal pada Siswa SMK Farmasi Cendekia Farma Husada. Jurnal Penelitian Humano, 8(1), 1–13.

Kartiwa, S. (2017). Tenun Ikat: Ragam Kain Tradisional. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books/about/Tenun_ikat.html?id=KXDWAAAAMAAJ&redir_esc=y

Kooli, C., Zidi, C., & Jamrah, A. (2019). The Philosophy of Education in the Sultanate of Oman: Between Perennialism and Progressivism. American Journal of Education and Learning, 4(1), 36–49. https://doi.org/10.20448/804.4.1.36.49

Martono. (2018). SOCIAL VALUES REFLECTED IN “BATU DARA MUNING†AN ORAL LITERATURE OF DAYAK KENINJAL TRIBE. Journal Of Education, Teaching and Learning, 3(1), 34–36.

Nahak, H. M. . (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76

Pingge, H. D., Supriatna, N., Sapriya, Wahap, A. A., & Haingu, R. M. (2021). Ethnographic Study of the Umma Kalada Values of the Indigenous People of Loura and Its Application in Elementary Social Studies Learning. Proceedings of the 6th International Conference on Education & Social Sciences (ICESS 2021), 578(Icess), 154–159. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210918.030

Pratama, F. F., Nurgiansah, T. H., & Choerunnisa, R. R. (2022). Kajian Nilai-Nilai Karakter Kearifan Lokal Masyarakat Sunda dalam Membentuk Sikap Moral Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3473–3483. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/3449

Rahayu, T. (2021). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Religius Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa MI. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(2), 163–176. https://doi.org/10.35878/guru.v1i2.290

Salma, I. ina R., Syabana, D. K., Satria, Y., & Christianto, R. (2018). Diversifikasi Desain Produk Tenun Ikat Nusa Tenggara Timur Dengan Paduan Teknik Tenun Dan Teknik Batik. Dinamika Kerajinan dan Batik: Majalah Ilmiah, 35(2), 85. https://doi.org/10.22322/dkb.v35i2.4174

Sapriya. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan IPS (Inovasi Pembelajaran IPS). Rizqi Pres.

Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53. https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2316

Siska, F., Sapriya, Supriatna, N., & Ratmaningsih, N. (2023). Exploration of Entrepreneurship Character in Minangkabau Livestock Toke as a Source for Social Studies Learning for Junior High School. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-060-2_28

Siska, F., & Supriatna, N. (2021). The Urgency of Social Studies Learning Through Local Wisdom Approach To The Challenge of Borderless Society. Proceeding The 6th International On Social Studies and History Education (ISSHE) 2021, 301–310.

Sudrajat, A. (2020). Pewarisan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kalosara dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Membangun Karakter Siswa. 8(1).

Sugiri, A. (2023). Wayang Sukuraga : Pendidikan Karakter melalui Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 588–597. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5442

Supriatna, N. (2016). Local Wisdom in Constructing Students’ Ecoliteracy Through Ethnopedagogy and Ecopedagogy. Proceeding 1st UPI International Conference on Sociology Education (UPI ICSE 2015.

Susanti, A., Darmansyah, A., & Aulia, N. (2022). Upaya Pewarisan Budaya Dan Pendidikan Karakter Melalui Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan, 3, 279–286.

Susilaningtiyas, D. E., & Falaq, Y. (2021). Internalisasi Kearifan Lokal Sebagai Etnopedagogi: Sumber Pengembangan Materi Pendidikan Ips Bagi Generasi Millenial. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 1(2), 45. https://doi.org/10.26418/skjpi.v1i2.49391

Utami, N. A., & Yulistiana. (2018). Tenun Ikat Amarasi Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. e-Journal Tata Busana Edisi Yudisium Periode Mei 2018, 07(02), 1–6.

Wafiroh, H. (2017). Interaksi Sosial Wanita Pengrajin Tenun Ikat Troso Dalam Kegiatan Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga (Pkk). IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3103

Widaningtyas, A. M. (2018). Penguatan Budaya Lokal Dalam Kerangka Pendidikan Karakter: Studi Pada Budaya Jawa. Aceh Anthropological Journal, 2(1), 71. https://doi.org/10.29103/aaj.v2i1.1148




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.5670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Maria Magdalena Beatrice Sogen, Sapriya, Nana Supriyatna, Kokom Komalasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: 

          Â