Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model PBL di Kelas V SDIT Al-Fikri Kota Painan

S. Mardhyyah, Risda Amini

Abstract


Hasil belajar yang baik yang diperoleh peserta didik selama pembelajaran tidak terlepas dari kemampuan atau kompetensi guru dalam menerapkan model-model pembelajaran yang berorientasi pada proses pembelajaran efektif. Oleh karena itu, ini menjadi perhatian peneliti untuk menggunakan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar di kelas V SDIT Al-Fikri Kota Painan. Tujuan penelitian adalah untuk menerapkan model pembelajaran problem based learning guna meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V SDIT Al-Fikri Kota Painan. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDIT Al-Fikri Kota Painan semester II TA 2022-2023. Dengan jumlah peserta didik 20 orang. Berdasarkan hasil analisis dari data penelitian diperoleh hasil (1) Penilaian  RPP pada setiap siklus meningkat, siklus I 83,19% meningkat di siklus II menjadi 94,53%. (2) Pelaksanaan pembelajaran juga meninggkat, dilihat dari aktivitas guru pada siklus I memperoleh hasil 86,45% dan siklus II 93,75 %. Ditinjau dari aktivitas peserta didik, pada siklus I 88,22% meningkat pada siklus II menjadi 96,25%. (3) Hasil belajar peserta didik menggunakan model problem based learning juga meningkat, siklus I memperoleh rata-rata skor 81,44, siklus II rata-rata skor menjadi 92,83.


Keywords


Model Problem Based Learning; Hasil Belajar

Full Text:

310-318

References


Ade, S. (2011). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Amini, R, dkk. (2019). Students’ Learning Outcomes Using Problem-Based Learning and Discovery Learning Models in Thematic Integrated Learning. Internasional Journal of Innovation, Creativity and Change. 5(5).

Amir, T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Chintya Pramitha, Y A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning pada Tema 8 di Kelas IV Sekolah Dasar.Journal of Basic Education Studies. 4(1)

Echols, JM dan Shadily, H. (2007).Kamus Inggris-Indonesia.Cetakan ke-29 Jakarta,PT Gramedia. 560.

Eni, W., Setyo, B., Kartika, CS. (2011). Penerapan Model Problem Based Learnig Pada Pembelajaran IPA Peserta didik Kelas V SD Negeri Mudal. Jurnal FKIP UNS. 1(1). 3.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Murfiah, U. (2017). Pembelajaran Terpadu. Bandung: Departemen FIKP Universitas Pasundan.

Nugraha, M. I., Tuken, R., dan Hakim. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Peserta didik Sekolah Dasar. Pinisi Journal of Education, 1(2).

Nur, M. (2011). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan IPA Sekolah Unesa.

Purwanto, M. N. (2002). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusmono.(2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu: untuk meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sandi, K. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV SDN Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Jurnal of Basic Education Studies, 5(2).

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saputro, O. A., dan Rahayu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning(PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1).

Sukmadinata, NS. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yarisda, N., Syafri, A., Risda, A. (2019). Implementation of Step Polya in the Problem Based Learning Model to Improve Learning Outcomes in Elementary School.Journal of Physics: Conference Series. 1387.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.5002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 S. Mardhyyah, Risda Amini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: 

          Â