Hubungan Supervisi Akademik Dan Gaya Kepimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru

Umalihayati Umalihayati, Miftahudin Miftahudin, Jaka Wijaya Kusuma, Hamidah Hamidah, Dewi Surani, Erik Santoso

Abstract


Supervisi akademik merupakan sarana yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Selain itu gaya kepemimpinan atau seni memimpin merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan agar sekolah memiliki lingkungan yang kondusif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan supervisi akademik dan gaya kepimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian inni adalah metode kuantitatif. Subyek penelitiannya adalah kepala sekolah dan guru di salah satu sekolah di Kabupaten Serang dengan total sekolah sebanyak 3 sekolah. Jumlah guru yang dijadikan subyek penelitian adalah sebanyak 30 orang guru. Data diambil dengan cara memberikan kusioner kepada 30 orang responden mengenai gaya supervisi akademik, gaya kepemimpinan dan kinerja dalam proses pembelajaran. Analisis data dilakukan secara kuantitatif, dengan menggunakan uji korelasi untuk melihat hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat  Korelasi Supervisi Akademik dan Gaya Kepemimpinan, dengan Kinerja Guru.

Keywords


supervisi akademik; gaya kepemimpinan; kinerja guru

Full Text:

302-309

References


Antoncic, L. S. (2003). a New Era in Humane Education: How Troubling Youth Trends and a Call for Character Education Are Breathing New Life Into Efforts To Educate Our Youth About the Value of All Life. Animal Law, 9, 183.

Bahri, M. S. (2016). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Guru di SMK Hidayatul Islam Clarak Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi WIGA, 6(2), 144–152.

Budiarti, W., Yusrizal, & Usman, N. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Rangka Peningkatan Kinerja Guru Kimia Di Sman 1 Teunom Aceh Jaya. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 3(2), 2015–2037. http://e-repository.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2538

Djailani, A. R., Usman, N., & others. (2015). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Sdn 7 Muara Dua Lhoksuemawe. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 3(2).

Egorychev, A., Mardakhaev, L., & Ahtyan, A. (2017). Education in globalizing world: basic institution determining development of world civilization. Economic and Social Development: Book of Proceedings, 777–784.

Fathinnaufal, M., & Hidayati, D. (2020). The Implementation of Character Education In Elementary School. Journal of Educational Management and Leadership, 1(2), 31–38. https://doi.org/10.33369/jeml.1.2.31-38

Fauziah, U. Z. I. (2020). Penerapan supervisi kelas untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi pembelajaran. Jurnal Pendidikan BINANIAGA, 01(01), 65–84.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14–25. https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690

Gondwe, F., & Mwakilama, E. (2021). Examining the intersection of democracy, teacher education and ICT: Insights from Malawi. In Education, Communication and Democracy in Africa (pp. 111–124). Routledge.

Gürsul, F., & Keser, H. (2009). The effects of online and face to face problem based learning environments in mathematics education on student’s academic achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(1), 2817–2824. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.501

Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Educational Management Journal, 6(1), 26–33. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman

Herawaty, Y., Hartono, R., & Ramadhan, H. (2020). Strategic Management in Improving The Quality of Education in The Midst of The Covid-19 Pandemic. In EAI. https://doi.org/10.4108/eai.26-9-2020.2302768

Kartini, D., Kristiawan, M., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal’s Leadership, Academic Supervision, and Professional Competence toward Teachers’ Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT) ISSN: 2509-0119., 20 No. 1 A(April), 156–164.

Lisnawati, R. (2018). Fungsi Manajemen Kepala Sekolah, Motivasi, dan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(2), 143. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p143-149

Muspawi, M., Setiyadi, B., & Gunawan, G. (2020). Upaya Kepala Sekolah Untuk Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(1), 95–103.

Okendu, J. N., Harcourt, P., & State, R. (2012). The Influence of Instructional Process and Supervision on Academic Performance of Secondary School Students of River State, Nigeria. Academic Research International, 3(1), 332–339. www.savap.org.pkwww.journals.savap.org.pk

Pohan, N. (2017). Peran Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Tugas Pokok Guru: Penelitian Tindakan Sekolah. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(3), 132–139.

Prasetyono, H., Abdillah, A., & Fitria, D. (2018). Academic Supervision toward Teacher’s Performance through Motivation as Intervening Variable. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(2), 188–197. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i2.7324

Purbasari, M. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 4(1), 46–52.

Rahayu, S. S. (2022). Meningkatkan Profesional Guru dalam Pembuatan Administrasi melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah SD Negeri Rejosari 03 Kota Semarang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 3(1).

Rosa, M., & Orey, D. C. (2020). Principles of culturally relevant education in an ethnomathematical perspective. Revista de Educação Matemática, 17, 1.

Sakti, T. K., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 53. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.12818

Sukamto, Y., & Pardjono, P. (2016). Pengaruh kompetensi guru, komitmen kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Andalan di Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2), 165–178.

Supriadi, E., Abdul, H., Bin, R., & Yusof, M. (2015). Relationship between Instructional Leadership of Headmaster and Work Discipline and Work Motivation and Academic Achievement in Primary School at Special Areas of Central Jakarta. Journal of Education and Learning, 4(3). https://doi.org/10.5539/jel.v4n3p123

Susanti, S., Wardiah, D., & Lian, B. (2020). Effect of Academic Supervision of School Heads and School Culture on Quality Teaching Teachers. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 20(1), 67–77.

Titin wulandari. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1–4. https://doi.org/https://doi.org/10.31227/osf.io/qkpsh

Vartuli, S., Snider, K., & Holley, M. (2016). Making it Real: A Practice-Based Early Childhood Teacher Education Program. Early Childhood Education Journal, 44(5), 503–514. https://doi.org/10.1007/s10643-015-0733-2

Wandi, A. (2018). Analisis Peran Supervisi Kepala Sekolah terhadap Pelaksanaan Tugas Pokok Guru; Studi Tindakan Sekolah di SMPN 2 Situjuah Limo Nagari. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 71. https://doi.org/10.29210/02018195

Zulfikar, Y. S. I. (2017). Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Sd Negeri 2 Calang Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 5(3), 192–198. http://e-repository.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/9354




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Umalihayati Umalihayati, Miftahudin Miftahudin, Jaka Wijaya Kusuma, Hamidah Hamidah, Dewi Surani, Erik Santoso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: 

          Â