Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based-Learning di Kelas III Sekolah Dasar

Rezi Angraini, Risda Amini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Learning pada kelas III SDN 08 Balimbing Tanah Datar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus perencanaan, setiap siklus terdapat tahapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru sebagai observer, peneliti sebagai praktisi, dan siswa kelas III sebanyak 17 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP siklus I diperoleh rata-rata 83,33% (B) dan peningkatan pada siklus II sebesar 91,66% (SB). Aspek pelaksanaan guru pada siklus I diperoleh rata-rata 76,78% (C) dan peningkatan pada siklus II sebesar 96,42% (SB). Pelaksanaan aspek siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 76, 78% (C) dan peningkatan pada siklus II sebesar 92,85% (SB). Hasil belajar siklus I diperoleh rata-rata 76,98 (C), yang meningkat pada siklus II menjadi 89,17 (SB). Disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SDN 08 Balimbing Tanah Datar.


Keywords


Tematik terpadu; Prolem Based Learning; Hasil Belajar

Full Text:

291-301

References


Amini, R. (2017). The Development of Integrated Learning Based Students’ Book to Improve Elementary School Students’ Competence. Unnes Science Edication Journal, 6(2), 1586–1592.

Amini, R., Setiawan, B., Fitria, Y., & Ningsih, Y. (2019). The difference of students learning outcomes using the project-based learning and problem-based learning model in terms of self-efficacy. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012082

Amris, F. K., & Desyandri, D. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171–2180. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170

Annisa, S., & Kriswandani. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Tipe Problem Posing terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus Imam Bonjol Kota Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW.

Aslam, L. K., Suparji, S., & Rijanto, T. (2021). The effect of problem based learning model on learning outcomes in the vocational high school students. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(4), 264. https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i4.3958

Desyandri dan Vernanda. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik terpadu di kelas V sekolah dasar menggunakan identifikasi masalah. Jurnal Pedagogik: Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV. , 163–174.

Farida. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Inovasi Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.

Fathurrohman, M. (2016). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.

Febrita, L., & Harni, H. (2020). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu terhadap Berfikir Kritis Siswa di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1619–1633.

Fitria, Y. (2017). Efektivitas Capaian Kompetensi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. . Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2).

Handayani, R., & Muhammadi. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar (e-JIPSD), 5(2), 78–88.

Ismah, H., & Yunisrul. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model PBL Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(5).

Kemendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. PT Remaja Rosda karya.

Nasir, M., & Pasaribu, M. (2017). PENINGKATAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ALAT UKUR MEKANIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Vol. 17, Issue 2).

Ningsih, Y., Ahmad, S., & Amini, R. (2019). Implementation of Step Polya in the Problem based Learning Model to Improve Learning Outcomes in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 012080. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012080

Permendikbud. (2016). Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Kemendikbud.

Prastowo, A. (2015). Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tematik terpadu implementasi kurikulum 2013 untuk SD/MI. Kencana.

Ramadhan, & Abdul M.S. (2017). Penggunaan model problem based learning untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada subtema keberaagaman budaya bangsaku. Ilmiah Pendidikan Dasar, II(1).

Segara, R. (2022). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 96–103.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (19th ed.). Alfabeta.

Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya . Jurnal Kreatif Tadaluko, 3(1), 90–103.

Suparman, T. (2020). Kurikulum dan Pembelajaran. CV Sarnu Untung.

Syaiful, A., & Amini, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together di kelas II Sekolah Dasar. Journal Of Basic Education Studies , 4(1).

Widya, S., Nurkhasanah, D., Studi Pendidikan Sekolah Dasar FKIP-Universitas Kristen Satya Wacana, P., & Studi Pendidikan Sekolah Dasar, P. (2019). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD (Issue 1).

Yanti, W. H., & Muhammadi. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD Negeri 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang. Journal of Basic Education Studies , 5(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rezi Angraini, Risda Amini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: 

          Â