Analisis Asesmen Autentik (Kognitif, Psikomotorik Dan Afektif) Di Sekolah Dasar

Maret Markus Harefa, Faisal Madani, Indah Wijaya Lase

Abstract


Dalam penelitian ini akan dikaji tentang asesmen autentik (kognitif, psikomotorik dan afektif) disekolah dasar, yang ditinjau dari berbagai artikel penelitian yang membahas topik yang sama. Penelitian ini menggunakan metode Narrative Literature Review (NLR) dengan teknik Compare. Data dikumpulkan melalui artikel-artikel dari jurnal nasional yang diterbitkan selama delapan tahun terakhir yang menjadi sumber data penelitian ini, yaitu dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2022. Dari 15 artikel asesmen autentik di sekolah dasar, ditemukan bahwa guru telah melaksanakan penilaian autentik disekolah dasar dengan mencakup penilaian kognitif, psikomotorik dan afektif. Namun, dalam implementasi penilaian autentik masih ditemukan beberapa kendala yang dialami guru.


Keywords


Authentic Assessment; Cognitive, Psychomotor and Affective; Elementary School

Full Text:

263-273

References


Adianto, Samsul, Muhammad Ikhsan, And Selvi Oye. (2020). Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jinotep (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran. 7(2), 133–42.

Anis Marfuah, dkk. (2019). Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dan Perguruan Tinggi. Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar. 3(2), 35–58.

Basyaib, F. (2021). Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 7(2), 145-153.

Cholifah, Pana & Wahyu. (2021). Analisis kesiapan guru mengimplementasikan asesmen Autentik dalam kurikulum merdeka belajar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar. 87-103

Dedy Rosyidi. (2020). Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Kognitif. Tasyri’, 27(1).

Dwi Agus Setiawan. (2018). Penilaian Authentik Assesment Guru pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD). 2(1), 94-101.

Fitri dan Elpri. (2021) Analisis Kesulitan Guru dalam Menerapkan Penilaian Autentik Di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1050-1059.

Ghufran, et, al., (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(4), 5685 – 5699

Gusti Nyoman Reniasih. (2020). Penerapan Bimbingan Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Asesmen Autentik pada Guru di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 4(1), 41-47.

Hajaroh, Siti. (2018). Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik. 22.

Hasibuan, R. (2021). Implementasi Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 7(1), 45-50. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpd/article/view/22879/17498.

Heri, Cholis & Sa’dun Akbar. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Kompetensi Pada Ranah Keterampilan Untuk Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 2(7), 874-882.

Ima, Muhardjito, & Dedi. (2020). Pengembangan Asesmen Autentik Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Belantika Pendidikan. 3(1), 9-15.

Kemendikbud, Kemendikbud. (2015). Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kusmijati, N. (2019). Penerapan Penilaian Autentik Sebagai Upaya Memotivasi Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Hasil - Hasil Penelitian Dan Pengabdian LPPM UMP (pp. 55–62.).

Meliana, S., Utami, E. S., & Sukoyo, J. (2020). Pengembangan Penilaian Autentik Pembelajaran Teks Dialog Bahasa Jawa Kelas Vii. Piwulang; Journal of Javanese Learning and Teaching. 7(2), 44–52.

Muhammad, Ismail. (2013). Diferensi Makna Kurikulum di Indonesia. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam. 3(2).

Olfos, Raimundo, and Hildaura Zulantay. (2007). Reliability and Validity of Authentic Assessment in a Web Based Course. Journal of Educational Technology & Society. 10(4), 156–73.

Rahmawati, N. L., Dewi, N. L. A., & Suwati, N. K. (2021). Pengaruh penilaian autentik terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 54(1), 63-71.

Rakhmawati, Suci, Novianti Muspiroh, and Nurul Azmi. (2013). “Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 Ditinjau dari Standar Proses dalam Pembelajaran Biologi Kelas X di SMA Negeri 1 Krangkeng.†Scientiae Educatia. 5(2).

Rayi Oktafiani Utomo. (2019). Instrumen Asesmen Autentik Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi. Jurnal Hasta Wiyata. 3(2), 136-146.

Rianto, D. & Kuswadi, A. (2022). The Implementation of Authentic Assessment in Elementary School. International Journal of Elementary Education. 5(1), 59-63.

Rifka, Zulfathur, Ibnu Khaldun, and Ade Ismayani. (2017). Analisis Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 oleh Guru Kimia di SMA Negeri Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia. 2(3).

Rika Mellyaning & Indah Wardani. (2017). Asesmen autentik pada pembelajaran terpadu Di sekolah dasar. Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 4(2), 155-174.

Riska Febriani. (2021). Implementasi Penilaian Autentik pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI. 7(2), 121-127.

Sabri, M., Retnawati, H., & Fitriatunisyah. (2019). The implementation of authentic assessment in mathematics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1200(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1200/1/012006.

Safitri, Desy, and Maria Oktaviana. (2017). Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 (Studi Kasus Guru IPS di SMP Labschool Jakarta). Edukasi IPS. 1(1), 31–40.

Samsul, Ikhsan, & Selvi. (2020). Penilaian Autentik Pada Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran). 7(2), 133-142.

Setiawan, Heri, Cholis Sa’dijah, and Sa’dun Akbar. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Kompetensi pada Ranah Keterampilan untuk Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 2(7), 874–82.

Sulastri, S., & Nuraeni, E. (2021). Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Sebuah Kajian Literatur. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.33603/eralingua.v5i1.3185.

Susi Munawati. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik di Sekolah Dasar Negeri Pujokusuman I Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 174-183.

Teguh, Maratul, & Atika. (2022). Analisis kesulitan guru dalam mengimplementasikan penilaian autentik kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik Di sekolah dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar. 7(1), 18-24.

Tia, Wahyu, & Farid. (2022). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Ranah Afektif pada Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) di Kelas 4 Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education. 5(1), 48-56.

Umami, Muzlikhatun. (2018). Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan. 6(2), 222–32.

Warsono. (2017). Guru: Antara Pendidik, Profesi, Dan Aktor Sosial. The Journal of Society & Media. 1(1).

Yunianto, Teguh, Ahmad Surohman, and Niswatun Hasanah. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Ekstrakurikuler. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 14(1), 22–30.

Yuyun Dwi Haryanti, Sapriya, Tegar Pamubdhi. (2021). Pengembangan Model Penilaian Autentik. Jurnal Cakrawala Pendas. 7(1), 27-39.

Zaini, Herman. (2015). Karakteristik Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 1(01) 15–31.

Zaka Hadikusuma Ramadan. (2015). Pengembangan penilaian autentik berbasis Kurikulum 2013 di kelas iv sekolah Dasar negeri kota pekanbaru. Jurnal Tematik. 36-48.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Maret Markus Harefa, faisal madani, indah wijaya lase

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: 

          Â