Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar

Yeni dwi Kurino, tatang Herman, Turmudi Turmudi, Alman alman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Wangkelang tahun pelajaran 2022/2023 dengan model  discovery learning. metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif tipe kuasi eksperimen jenis nonequivalent control group design. Menggunakan dua kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan membandingkan keduanya. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Wangkelang yang berjumlah 40 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan mean skor terhadap hasil belajar Matematika diperoleh mean hasil posttest kelas eksperimen adalah sebesar 55,60 dan mean hasil posttest kelas kontrol adalah sebesar 44,90 maka terlihat perbedaan sebesar 10,7. Berdasarkan hasil analisis data uji hipotesis menggunakan paired sample t-test dengan tarafsig. 0,05 yaitu sebesar p= 0,000 < 0,05 = α sehingga H0 ditolak. Hasil analisis dengan menggunakan uji independet sample t-test dengan taraf sig. 0,05 yaitu sebesar p= ,0008 < 0,05 = α sehingga Ha ditolak. Artinya terdapat perbedaan pada hasil postest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemecahana masalah Matematika dengan menggunakan model discovery learning. Dengan demikian disimpulkan terdapat pengaruh perbedaan model discovery learning terhadap pemecahana masalah Matematika siswa.

Kata Kunci          : Model Discovery Learning; pemecahana masalah; Matematika

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Wangkelang tahun pelajaran 2022/2023 dengan model  discovery learning. metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif tipe kuasi eksperimen jenis nonequivalent control group design. Menggunakan dua kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan membandingkan keduanya. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Wangkelang yang berjumlah 40 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan mean skor terhadap hasil belajar Matematika diperoleh mean hasil posttest kelas eksperimen adalah sebesar 55,60 dan mean hasil posttest kelas kontrol adalah sebesar 44,90 maka terlihat perbedaan sebesar 10,7. Berdasarkan hasil analisis data uji hipotesis menggunakan paired sample t-test dengan tarafsig. 0,05 yaitu sebesar p= 0,000 < 0,05 = α sehingga H0 ditolak. Hasil analisis dengan menggunakan uji independet sample t-test dengan taraf sig. 0,05 yaitu sebesar p= ,0008 < 0,05 = α sehingga Ha ditolak. Artinya terdapat perbedaan pada hasil postest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemecahana masalah Matematika dengan menggunakan model discovery learning. Dengan demikian disimpulkan terdapat pengaruh perbedaan model discovery learning terhadap pemecahana masalah Matematika siswa.

Kata Kunci          : Model Discovery Learning; pemecahana masalah; Matematika

Full Text:

181-186

References


Dewey, J. (1909). how we Think.

Fairley, N., Fernandez, V., Richard-plouet, M., Guillot-Deudon, C., Walton, J., Smith, E., Flahaut, D., Greiner, M., Biesinger, M., Tougaard, S., Morgan, D., & Baltrusaitis, J. (2021). Applied Surface Science Advances Systematic And Collaborative Approach To Problem Solving Using X-Ray Photoelectron Spectroscopy. Applied Surface Science Advances, 5(June), 100112. Https://Doi.Org/10.1016/J.Apsadv.2021.100112

Felianti, E. S., Sae, H. L., & Indarini, E. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Visual Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian. 1(3), 158–164.

Herman, T. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. I(I), 47–56.

Kurino, Yeni Dwi. (2018). No Title. PROBLEM SOLVING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DI KELAS V SEKOLAH DASAR, 4(1).

Kurino, Y. D. (2020). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED LEARNING MODELS TO IMPROVE STUDENTS MATHEMATICAL UNDERSTANDING OF. 5(1), 86–92.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326.

NCTM. (2003). Principles And Standards For School Mathematics. In NCTM. NCTM.

Noviyanti, E. D., Purnomo, D., & Kusumaningsih, W. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. 3(1), 57–68.

Pólya, G. (2012). How To Solve It: A New Aspect Of Mathematical Method. Oncogene, 6(1), 21–50.

Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. 2(2), 268–283.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yeni dwi Kurino, tatang Herman, Turmudi Turmudi, Alman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: 

          Â