Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SD

Sri Wahyuni, Abna Hidayati, Yanti Fitria, Yeni Erita

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi berberapa masalah yang ditemukan pada observasi awal sebelum penelitian yaitu pelaksanaan  proses pembelajaran Kurikulum 2013 belum disajikan secara terpadu. Pada Kurikulum 2013 fokus pembelajaran diarahkan pada pembahasan melalui tema, sehingga diperlukan model pembelajaran terpadu yang dapat berpengaruh terhadap tujuan pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat dipadukan dalam proses pembelajaran tematik terpadu belum terlaksana dengan baik. Motivasi belajar peserta didik juga belum baik dalam proses pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil pembelajaran. Model yang dapat dilaksanakan pada pembelajaran tematik terpadu yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperiment. Sampel penelitian ini adalah peserta didik  kelas IV.A dan IV.B SDN  12 Koto Baru sebanyak 28 peserta didik. Data penelitian ini diperoleh dari angket dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar diperoleh nilai thitung yang diperoleh adalah 2,884 > 2,055, maka Ha diterima.  (2) terdapat pengaruh model PBL terhadap hasil belajar siswa belajar diperoleh nilai thitung yang diperoleh adalah 4,638 > 2,055, maka Ha diterima; (3) terdapat pengaruh model pembelajaran PBL  yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa diperoleh Fhitung 5,672. > 3,28. maka H1 diterima.


Full Text:

195-203

References


Abdulrozzak, R. (2016). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA.

Ariyani, Y. D., & Wangid, M. N. (2016). Pengembangan bahan ajar tematik-integratif berbasis nilai karakter peduli lingkungan dan tanggung jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1).

Bakar, A. dan maria E. P. (2018). Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika ( INPAFI ) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PETA PIKIRAN. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(6), 1–8.

Desyandri, D., & Vernanda, D. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Identifikasi Masalah.

Ejin, S. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Jambu Hilir Baluti 2 Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 1(1), 66–72.

Eliza, R., Fauzan, A., Lufri, L., & Yerizon, Y. (2018). Developing Realistic Problem-Based Learning Model for Teaching Mathematics in Vocational Education. International Journal of Science and Applied Technology, 3(1), 38–45.

Fadilah, D., Rohini, R., & Sumiati, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal Samawa Berbentuk Multimedia Interaktif. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 97–101.

Fitria, Y. (2014). Refleksi Pemetaan Pemahaman Calon Guru SD Tentang Integrated Sains Learning. XIV(2), 82–87. https://doi.org/10.1534/genetics.109.107474

Fitria, Y. (2019). Landasan Pembelajaran Sains Terintergrasi (Terpadu) Untuk Level Dasar. Sukabina Press.

Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425.

Kurino, yeni dwi. (2015). Pengaruh Contextual Teaching & Learning Dan Direct Intruction Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sd. Cakrawala Pendas, 6(1).

Kurino, Y. D. (2020). Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Pada Implementation Of Problem Based Learning Models To Improve Students Mathematical Understanding Of. 5(1), 86–92.

Octaviani, S. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik dalam implementasi kurikulum 2013 kelas 1 sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 93–98.

Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3 Desember), 169–176.

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13–27.

Pratiwi, S. A., & Rokhmat, Joni, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gerung. 3(1), 107–113. https://doi.org/10.29303/jipp.Vol3.Iss1.52

Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alpabeta.

Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa (siswa kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 1(1), 5–9.

Yonanda, D. A., Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2019). Development of Problem-Based Comic Book as Learning Media for Improving Primary School Students ’ Critical Thinking Ability. 6(3), 341–348. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i3.22892

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sri Wahyuni, Abna Hidayati, Yanti Fitria, Yeni Erita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: 

          Â