Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Suryaman Suryaman, Nur Azizah

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar tematik siswa kelas 3 SDN 01 Sukoraharjo. Faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar siswa yaitu keterbatasan media pembelajaran dan dampak pandemic covid-19. karena itu, tujuan penelitian ini mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis google sites untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RnD dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN 01 Sukoraharjo dengan jumlah 35 siswa. Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran interaktif berbasis google sites. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil pengembangan media pembelajaran ini menunjukkan bahwa media pembelajaran google sites layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal tersebut dilihat dari hasil validasi ahli media sebesar 96% dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 97% dengan kategori sangat layak, respon guru sebesar 92% kategori sangat layak, respon siswa kelompok kecil sebesar 97% dan respon siswa kelompok besar presentase 96% dengan kategori sangat layak. Hasil penggunaan media pembelajaran google sites terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil pretest siswa kelompok kecil sebesar 60%, hasil posttest sebesar 93%, sedangkan hasil pretest siswa kelompok besar 39% dan hasil posttest memperoleh presentase sebesar 86%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Google Sites efektif digunakan dalam meningkatkan minat belajar tematik siswa.

Keywords


media google sıtes; minat belajar tematik

Full Text:

72-81

References


Arindiono, YR & Ramadhani, N. 2013. Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk siswa kelas 5 SD. Jurnal Seni & Sains ITS, 2(1): 28- 32.DOI:10.12962/j23373520.v2i1.2856.http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/art icle/view/2856. Diakses pada tanggal 11 Oktober 2021.

Belawati, T. 2019. Pembelajaran Online. Jakarta: Universitas Terbuka. Diakses pada tanggal 28 September 2021.

Harsanto, B. 2014. Inovasi Pembelajaran Di Era Digital. Bandung: Unpad Press. Diakses pada tanggal 18 Oktober 2021.

Hidayah, N. 2015. Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1): 34-49. DOI: 10.24042/terampil.v2i1.1280. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1280. Diakses pada tanggal 11 Oktober 2021.

Islamiah, IN. 2021. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Google Sites Dalam

Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTSN 4 Jombang. Skripsi. Surabaya: Universitas Islam Negri Sunan AmpelSurabaya.http://digilib.uinsby.ac.id/46854/2/Irzha%2520Nur%2520Islamiah_D 91217101.pdf. Diakses pada tanggal 28 September 2021.

Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya. Diakses pada tanggal 04 November 2021.

Mardin, H. Nane, L. 2020. Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Google Sites Sebagai Media

Pembelajaran Kepada Guru Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Boalemo. .jurnal Abdimas Gorontalo, 3(2): 78-82. http://jurnal.poligon.ac.id/index.php/jag/article/download/652/337. Diakses pada tanggal 28 September 2021.

Nugroho, MKC & Hendrastomo, G. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 12(2): 59-70. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPSH/article/view/48934. Diakses pada tanggal 08 November 2021.

Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal ilmu-ilmu Al-Qur’an hadist. 3 (1): 171-187. https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/423559/mod_resourc e/content/2/Bahan%20bacaan.pdf. Diakses pada tanggal 24 mei 2022.

Puspitasari, R. 2014. Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Pada Kelas Awal Di Madrasah Ibtidaiyyah Negeri Kauman Utara Jombang. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/7468/1/10140041.pdf. Diakses pada tanggal 20 Desember 2021.

Rahmadana, 2021. Perbandingan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Proses Pembelajaran Daring Dan Pembelajaran Luring Kelas Xi Sma Negeri 4 Soppeng. Skripsi. Makassar. Universitas Muhammadiyah. Https://Digilibadmin.Unismuh.Ac.Id/Upload/18661-Full_Text.Pdf. Diakses Pada Tanggal 28 Januari 2022.

Rohim, A. 2011. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI. Skripsi. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.Https://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Bitstream/123456789/357/1/AB DUL%20ROHIM-FITK.Pdf. Diakses Pada Tanggal 28 Januari 2022.

Saputra, MEY & Effendi, H. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Google Sites Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Untuk Kelas IX Titl di SMK N 2 Payakumbuh. Jurnal of Multidicsiplinary Research and Development, 3(4): 47-53. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/410/365. Diakses pada tanggal 28 September 2021.

Walid, MI. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan Addie (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) Pada Materi Geometri Kelas Xi Mia Sma Negeri 3 Takalar. Skripsi. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. http://repositori.uin- alauddin.ac.id.pdf. Diakses pada tanggal 19 Oktober 2021.

Wulandari, DA. 2016. Pengmbangan Media Pembelajaran Menggunakan Sparkol Videoscribe Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Plajaran IPA Materi Cahaya Kelas VIII di SMP NEGERI 01 Kerjo Tahun 2015/2016. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/24181/. Diakses pada tanggal 20 November 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Suryaman Suryaman, Nur Azizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: 

          Â