Pengembangan Modul Digital Berancangan Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Self Directed Learning dan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Tina Rostiani, Isah Cahyani, Yunus Abidin

Abstract


Rendahnya hasil belajar dan kemandirian siswa dalam proses pembelajaran masih menjadi problematika. Hal lain yang memperburuk kondisi ini adalah pandemi covid 19 menyebabkan siswa semakin tidak termotivasi belajar. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut salah satunya  adalah bahan ajar yang menarik dan menantang siswa. Tujuan utama penelitian ini adalah  untuk menghasilkan produk modul digital yang berancangan flipped classroom dalam pembelajaran tematik kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pengembangan model ADDIE dengan lima tahapan pengembangan, meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang sudah dilakukan, pada tahap pengembangan menunjukkan hasil validasi produk oleh dosen ahli bahan ajar, teknologi dan bahasa yaitu masing-masing 82,57%, 89,2%, dan 97,5 dinyatakan layak dengan sedikit revisi. Berdasarkan uji kelayakan diperoleh respon pengguna yakni respon guru sebanyak 94% dan respon siswa sebanyak 82% siswa menunjukkan ketertarikan terhadap modul digital dan dapat dinyatakan modul digital dinilai praktis dan mudah digunakan sebagai salah satu media pembelajaran. Modul digital dengan berancangan flipped classroom juga memberikan pengalaman baru kepada guru dan siswa mengenai metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi pandemi. Dengan demikian pengembangan modul digital berancangan flipped classroom layak digunakan dalam pembelajaran.

 

Kata Kunci : Modul Digital; flipped classroom;  model ADDIE.


Keywords


Modul Digital, flipped classroom, Self Directed Learning

Full Text:

51-61

References


A. Suriani, Chandra, E. Sukma, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Podcast dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Dwi, K. yen. (2020). Implementası Model Problem Based Learnıng Untuk Menıngkatkan Pemahaman Matematıs Sıswa Pada Implementatıon Of Problem Based Learnıng Models To Improve Students Mathematıcal Understandıng Of. 5(1), 86–92.

Elya umi Hanik. (2020). Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah. Elementary Islamic Teacher Journal, 8(1), 183–208.

Kuncahyono. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 2(2), 219. https://doi.org/10.32934/jmie.v2i2.75

Kurniawan, D. (2015). Evaluasi Menurut Model ADDIE.

Mahardhika, S., & Anam Fathoni, A. F. C. (2013). Storyboard dalam Pembuatan Motion Graphic. Humaniora, 4(2), 1183. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3560

Muhammad, H., R. Eka Murtinugraha, & Sittati Musalamah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal PenSil, 9(1), 54–60. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.13453

Muhimatunnafingah, S., Herimanto, H., & Musadad, A. A. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Mandiri Menggunakan Modul Digital Dan Modul Cetak Terhadap Hasil Belajar Sejarah Ditinjau Dari Minat Baca Siswa. Candi, 18(2), 30–45.

Muttaqin, Widiaty , Rinekasari, I. (2021). Pengembangan Modul Digital Berbasis Self- determined Learning Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Pekerjaan Sosial di SMKN 15 Bandung Ibnu. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 4(1), 71–79. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3560

Muttaqin, I. (2020). Pengembangan Modul Digital Berbasis Self-determined Learning Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Pekerjaan Sosial di SMKN 15 Bandung. repository.upi.edu.

Nyeneng, I. D. P., Suana, W., & Maulina, H. (2018). Pengembangan Perangkat Flipped Classroom. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhamadiyah Metro, 4(2), 159–174.

Rindaningsih, I., Findawati, Y., & ... (2021). Synchronous And Asynchronous Wıth Flıpped Learnıng Envıronment In Prımary School. … Journal of Primary ….

Sahidah, N., & Kirana, T. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Teks Multimodal Untuk Meningkatkan Litersi Sains Siswa Sd/Mi. Jurnal Education and …, 9(1), 370–374.

Saputra, D. S., Yonanda, D. A., & Yuliati, Y. (2020). The Development of Android-Based Mobile Learning in Learning Sundanese Script for Elementary School Students. 397(Icliqe 2019), 688–692.

Nolan, R. (2017). Adventages and Disadventages of E-Learning Technologies for student. Retrieved February 3, 2020, from 31 juli website: https://www.joomlalms.com/blog/guest-post/elearning-adventagesdisadventages.html

Nyeneng, I. D. P., Suana, W., & Maulina, H. (2018). Pengembangan Perangkat Flipped Classroom. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhamadiyah Metro, 4(2), 159–174.

Rindaningsih, I., Findawati, Y., & ... (2021). Synchronous And Asynchronous With Flipped Learning Environment In Primary School. … Journal of Primary …. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/primaryedu/article/view/1883

Rusman.(2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sahidah, N., & Kirana, T. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Teks Multimodal Untuk Meningkatkan Litersi Sains Siswa SD/MI. Jurnal Education and …, 9(1), 370–374. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2391

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tina Rostiani, Isah Cahyani, Yunus Abidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: 

          Â