Pengembangan Medıa Pembelajaran MONUZA Pada Materı IPA Untuk Siswa Kelas IV SD

Ima Rahmawati, Hana Lestari, Alma Alamiah Fauziah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan  media pembelajaran berbasis permainan edukatif MONUZA (Monopoli Wujud Zat) pada materi “Bagaimana Wujud Benda Berubah?†untuk kelas IV dengan melihat kevalidan dan kelayakan media tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE dengan tahapan: (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Setetelah dilakukannya pengujian kelayakan, dapat disimpulkan: (1) hasil rata-rata penilaian kelayakan  ahli materi adalah 91,7% dengan kategori sangat valid, penilaian kelayakan ahli media adalah  95,3% dengan kategori sangat valid; (2) hasil rata-rata penilaian setelah dilakukannya uji coba skala kecil sebesar 84,67% dengan kategori sangat baik atau layak. Berdasarkan hasil kelayakan dapat disimpulkan dari ahli materi dan media sampai di lakukannya uji coba skala kecil bahwa media MONUZA dapat diimplementasikan sebagai media pembelajaran pada materi “Bagaimana Wujud Benda Berubah?†untuk kelas IV.


Full Text:

117-130

References


Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446

Ariya, M., & Arini, N. W. (2021). Media Monopoli Sains MONOIN Untuk Pembelajaran IPA Pada Materi Semester I Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 268. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.37888

Bhadri, G. N., & Patil, L. R. (2022). Blended Learning: An effective approach for Online Teaching and Learning. Journal of Engineering Education Transformations, 35(Special issue), 53–60. https://doi.org/10.16920/jeet/2022/v35is1/22008

Diella, D., & Ardiansyah, R. (2019). Pelatihan Pengembangan LKPD berbasis Keterampilan Proses Sains Dan Instrumen Asesmen KPS Bagi Guru IPA. Publikasi Pendidikan, 9(1), 7. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.6855

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 47. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594

Hutauruk, A., Subakti, H., Simarmata, D., Lestari, H., Al Haddar, G., Da’i, M., Purba, S., Khalik, M., & Cahyaningrum, V. (2022). Media Pembelajaran dan TIK. In Jakarta : Yayasan Kita Menulis (Vol. 5, Issue 3).

Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). Model Pembelajaran IPA SD. In Edutrimedia Indonesia (Issue February).

Kurino, yeni dwi. (2021). Penggunaan Medıa Papan Musı ( Multıfungsı ) Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Sıswa. 118–122.

Lestari, H., Ali, M., Sopandi, W., & Wulan, A. R. (2021). Infusion of Environment Dimension of ESD into Science Learning Through the RADEC Learning Model in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 205–212. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7ispecialissue.817

Lestari, H., Banila, L., & Siskandar, R. (2019). Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis STEM Improving Student ’ S Science Literacy Competencies Based On Learning Independence With Stem Learning. 14(2), 18–23.

Lestari, H., Putriani, S., & Rahmawati, I. (2022). Kontribusi Gaya Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Anwarul Hidayah. Kajian Islam Modern, 08(02), 2–9. https://doi.org/https://doi.org/10.56406/jurnalkajianislammodern.v8i02.111

Lestari, H., & Widodo, A. (2021). Peranan Model Pembelajaran Nature of Sains Untuk Meningkatkan Pemahaman Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.2425

Mawanto, A., Siswono, T. Y. E., & Lukito, A. (2020). Pengembangan Media Cerita Bergambar untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pecahan Kelas II. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 424–437. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.243

Miaz, Y., Helsa, Y., Zuardi, Yunisrul, Febrianto, R., & Erwin, R. (2019). The development of interactive multimedia-based instructional media for elementary school in learning social sciences. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3), 0–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032107

Nisa, K., & Julianto. (2020). Pengembangan Media Monopoli Tentang Sumber Energi dan Perubahannya Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. PGSD, 8(4), 693–703.

Omodara, & Adu. (2014). Relevance of Educational Media and Multimedia Technology for Effective Service Delivery in Teaching and Learning Processes. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 4(2), 48–51. https://doi.org/10.9790/7388-04214851

Putri Ningrat, S., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140

Risma, R., Bua, A. T., & Annisa, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli pada Tema Ekosistem untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 92. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.301

Siskawati, M., Pargito, & Pujiati. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Untuk Meningkatkan Minat Belajar Geografi Siswa. Studi Sosial, 4(1), 72–80.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian.

Wandira, P. N., Lestari, H., & Mukri, R. (2023). Efektivitas Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Minat Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bogor. Primer Edukasi Journal, 2(1).

Yonanda, D. A., Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2019). Development of Problem-Based Comic Book as Learning Media for Improving Primary School Students ’ Critical Thinking Ability. 6(3), 341–348. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i3.22892

Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran RADEC Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawa Pendas, 8(1), 47–56.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ima Rahmawati, Hana Lestari, Alma Alamiah Fauziah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: 

          Â