Penerapan Metode Peraturan Dan Prosedur Untuk Menıngkatkan Kedısıplınan Sıswa Kelas Iv SD

Romauli Sihotang, Wiputra Cendana

Abstract


Berdasarkan hasil observasi, ditemukan ada beberapa siswa yang tidak taat kepada peraturan. Guru yang memiliki interaksi dengan siswa dapat langsung menyelesaikan masalah dengan menggunakan metode peraturan dan prosedur. Akibat dari perilaku tidak disiplin adalah pembelajaran yang sedang berlangsung jadi tidak kondusif. Guru memiliki hak untuk membentuk siswa menjadi lebih baik, melalui penerapan metode peraturan dan prosedur. Guru diharapkan dapat menjadi role model bagi siswa di sekolah atau pun lingkungan sekitarnya, untuk membangun disiplin siswa melalui arahan dan peraturan kelas. Tujuan penulisan ini yaitu untuk menjelaskan peran guru sebagai role model dalam penerapan peraturan dan prosedur untuk meningkatkan disiplin siswa. Metode penulisan menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil yang penulis dapatkan selama proses observasi yakni adanya kekonsistenan terhadap pemberian arahan dan peraturan selama pembelajaran sehingga dapat meningkatkan karakter disiplin siswa menjadi lebih baik. Saran selanjutnya yakni guru dapat lebih peka dalam mengasihi dan membimbing siswa, serta memahami setiap karakter dan sikap dari siswa lebih baik lagi.

Kata Kunci: Disiplin; peraturan dan prosedur; siswa


Full Text:

82-89

References


AL-Faruq, M. S., & Sukatin. (2020). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Annisa, F. (2019, April). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, Vol X (1), 3.

Apridawati, M. R. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Lombok Tengah, NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Collins, M. M., & Fontenelle, D. H. (1982). Mengubah Perilaku Siswa Pendekatan Positif. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Deporter, B., Reardon, M., & Nourie, S. S. (2000). Quantum Teaching: Mempraktekan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Efendi , R., & Gustriani, D. (2020). Manajemen Kelas di Sekolah Dasar. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.

Hudaya, A. (2018, April). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal Of Education, vol 4 (2), 94-95.

Huliyah, M. (2021). Strategi Pengembangan Moral dan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Kumayas, N. S., & Cendana, W. (2021, April). Penerapan Peraturan dan Prosedur Kelas Guna Mendisiplinkan Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4, 25-30. doi:10.31949/jee.v4i1.3037

Kurino, Y. D. (2020). Implementası Model Problem Based Learnıng Untuk Menıngkatkan Pemahaman Matematıs Sıswa Pada Implementatıon Of Problem Based Learnıng Models To Improve Students Mathematıcal Understandıng Of. 5(1), 86–92.

Koesoema, D., & Anggraeny, E. (2021). Inspirasi Praktik Baik Pendidikan Karakter Berbasis Kelas dan Komunitas. DI. Yogyakarta: PT Kanisius .

Laju, K. I., Djari, A. J., & Fofid, W. T. (2020). Prosedur Darurat dan Sar. Semarang: CV. Oxy Consultant.

Saputra, D. S., Yonanda, D. A., & Yuliati, Y. (2020). The Development of Android-Based Mobile Learning in Learning Sundanese Script for Elementary School Students. 397(Icliqe 2019), 688–692.

Lickona, T. (2019). Pendidikan Karakter. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Masan, M., & Rachmat. (2006). PKN Pendidikan Kewarganegaraan . Jakarta Pusat: Grasindo.

Masan, M., & Rachmat. (2006). PKN Pendidikan Kewarganegaraan kelas 3. Jakarta: Grasindo.

Musbikin, I. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Bandung: Penerbit Nusa Media.

Musbikin, I. (2021). Pendidikan Karakter Displin . Jakarta: Nusa Media.

Perwira, A. N., Fitriana, S., & Mujiyono. (2022). Faktor faktor yang Mempengaruhi Kedisiplinan Siswa di SMA Negeri 1 Brebes. Jurnal Pendidikan dan Konseling, VOL. 4 (4), 1394.

Puspitaningrum, D., & Suyanto, T. (2014). Implementasi Tata Tertib Sekolah dalam Membentuk Disiplin Siswa di SMP Negeri 28 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol. 2 (2), 347.

Rusman. (2018). Managemen Pengelolahan Kelas (Pendekatan dan Prosedur). surabaya: UMSurabaya Publishing.

Setyanto, N. A. (2017). Interaksi dan Komusikasi Efektif Belajar Mengajar . Yogyakarta: Diva Press.

Siahaan, N. A., & Tantu, Y. R. (2022). PenerapanPeraturan dan Prosedur Kelas Dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, Vol 8 (1), 128.

Tambunan, H., Susilawati, W. O., Naibaho, T., Elizabeth, A., S., H., & Sahel. (2021). Manajemen Pembelajaran. Bandung, Jawa Barat: Media Sains Indonesia.

Tanfidiyah, N. (2019). PENGEMBANGAN PERATURAN KELAS SEBAGAI UPAYA KURATIF TERHADAP PERILAKU MENYIMPANG SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV MIN YOGYAKARTA I. Jurnal Pendidikan, Vol 8 (1), 132.

Yudha, R. P. (2018). Motivasi Berprestasi dan Disiplin Peserta Didik. Pontianak,Kalimantan Barat: Yudha English Gallery.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ramauli sihotang, Wiputra Cendana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: 

          Â