MODEL MULTILITERASI: RE ORIENTASI GURU DALAM MENGEMAS KONSEP PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR PADA ABAD KE-21

Sigit Vebrianto Susilo

Abstract


Sejalan dengan perkembangan ilmu pegetahuan dan teknologi, revolusi industry 4.0, serta gencarnya pergerakan arus globalisasi menyisakan sejumlah tantangan  khususnya bagi pendidikan Indonesia. Maraknya penggunaan teknologi bagi manusia dewasa ini sudah menjadi suatu kebutuhan pokok sehingga setiap detik tidak lepas dari yang namanya teknologi. Dewasa ini penggunaan alat komunikasi atau smarphone, mengakses internet, menggunakan laptop, dan perangkat teknologi lainya sudahn menjadi suatu kebutuhan bagi manusia modern hari ini. Segala sesuaitu kebutuhan hidup berada di ujung jari maka semua yang kita harapkan dan inginkan dengan mudah hadir di depan  mata kita. Bertemali dengan hal tersebut, sebuah konsep pembelajaran seyogianya harus mampu mengakomodasi kebutuhan sesuai dengan tuntutan zaman. Hari dari mulai orang dewasa hingga anak-anak sudah sangat akab dengan teknologi. Sehingga orientasi dalam menghadirkan pembelajaran secara menarik dan menyenangkan bagi siswa dengan dikolaborasikan dengan teknologi. Namun demikian ada sebuah kekhawatiran terkait dengan masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya bangsa Indonesia akan mempengaruhi karakteristik masa depan generasi penerus bangsa. Oleh sebab itu, pembelajaran berbasis nilai-nilai budaya lokalpun harus digalakan oleh setiap guru sehingga bangsa ini tidak kehilangan jati diri sebagai sebuah bangsa yang mempunyai keberagaman budaya yang sangat kental. Odal pembelajaran multiliterasi mempunyai karakteristik menghadirkan pembelajaran yang yang mempunyai nilai-nilai multi modalitas, multi budaya, dan multi gaya belajar. Dengan demikian, model multiliterasi apabila kita kita tinjau dari sintaks dasarnya akan mampu mengakomodir kebutuhan belajar guru dan siswa untuk mengembangkan pembelajaran yang disesuaikan dengan tuntutan zaman. Selain daripada itu, model ini juga akan mampu menghadirkan pembelajaran dengan nilai-nilai budaya lokal sehingga dapat mengembangkan manusia Indonesia yang unggul dan memiliki jiwa futuristik dengan memiliki karakter dan ciri khas sesuai dengandalam konteks keIndonesiaan.


Keywords


Model Multilietrasi, konsep Pembelajaran di SD, Pendidikan, Abad Ke-21

Full Text:

12-21

References


Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi: Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 dalam Konteks Keindonesiaan. PT Refika Aditama.

Agboola, Alex & Tsai, K. C. (2012). Bring Character Education into classroom. European Journal of Educational Research, 1(2), 163–170. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Anggraini, P., & Kusniarti, T. (2016). The Implementation of Character Education Model Based on Empowerment Theatre for Primary School Students. Journal of Education and Practice, 7(1), 26–29. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1089767.pdf

Boche, & Benjamin. (2014). Multiliteracies in the classroom: Emerging conceptions of first-year teachers. Journal of Language and Literacy Education, 10(1), 114–135. http://jolle.coe.uga.edu.

Goss, S. J., & Holt, C. R. (2014). Perceived Impact of a Character Education Program at a Midwest Rural Middle School: A Case Study. NCPEA Education Leadership Review of Doctoral Research, 1(2), 49–64. https://doi.org/10.1084/jem.20091021

Istiningsih. (2016). Character Education of the Most Developed Countries in ASEAN. Journal of Education and E-Learning Research, 3(1), 32–37. https://doi.org/10.20448/journal.509/2016.3.1/509.1.32.37

Susilo, S. V. (2018). Refleksi Nilai-Nilai Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Upaya Upaya Mengembalikan Jati Diri Pendidikan Indonesia. Cakrawala Pendas, 4(1), 33–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i1.710

Susilo, S. V., Abidin, Y., Prasetyo, T. F., & Mulyati, T. (2019). Pembelajaran Berbasis Teknologi: Implementasi Pembelajaran Dengan Menggunakan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Upaya Menjawab Tantangan Pendidikan Abad Ke-21. Serang: CV. AA. Rizki Pres.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). Learning Past and Future. In 21st century skills : learning for life in our times.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v3i1.2051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sigit Vebrianto Susilo

This Journal has been indexed by: