ADDITIONAL MENU
PLAGIARISM POLICY
INDEXING
COPYRIGHT NOTICE
AUTHOR FEES
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep pendidikan yang demokratis dengan menggunakan prinsip syura atau musyawarah dan mengetahui sejauh mana implementasi penerapan konsep pendidikan demokratis di instansi atau lembaga pendidikan. Metode Penelitian yang digunakan adalah menggunakan paradigma kualitatif, dimana metode pengumpulannya menggunakan sistem library research atau kajian pustaka yang mengandalkan sumber karya tulis kepustakaan. Jenis teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah studi dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah, prasasti dan sebagainya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep pendidikan demokratis dengan prinsip syura dalam perspektif islam terhadap kajian teoritis ayat ayat Al-Quran diantaranya (1) QS Yusuf ayat 67 menunjukan adanya pemahaman mengenai terciptanya sebuah tujuan diantaranya ialah menjadikan adanya hakikat dan tujuan pendidikan islam yakni sebuah paradigma kebebasan berpikir, berbicara, dan bertindak semuanya merupakan inti dari etos pendidikan Islam, (2) QS Al-Imran ayat 159 menunjukan adanya prinsip dan kriteria pendidikan demokrasi dengan syura atau musyawarah dalam mewujudkan pendidikan yang maju guna mencapai tujuan bersama sesuai dengan penerapan prinsip kemajemukan, musyawarah, keselarasan, mufakat, ekonomi yang jujur, sosial budaya di lingkungan sekolah (3) QS Asy- Syura ayat 38 menunjukan implementasi konsep pendidikan demokratis dengan prinsip syura dalam perspektif islam dapat dilihat dari hakekat pendidikan islam yang menyelenggarakan pendidikan idealistik, dimulai dengan penerapan pendidikan integralistik, humanistik, dan pragmatik
Â
Kata kunci: Pendidikan Demokratis, Prinsip Syura, QS Yusuf ayat 67, QS Al-Imran ayat 159, QS Asy-Syura ayat 38
Aat Hidayat (2015) Dalam Syura dan Demokrasi dalam Perspektif Al-Qur’an (Jurnal ADDIN, : IAIN Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia), hlm. 406 Vol. 9, No. 2, Agustus
Ahmad Amir Aziz (2017) “Demokratisasi Pendidikan dalam Pandangan Islamâ€, Jurnal Akademika, vol.1 no.1, hlm. 17
Ahmad D. Marimba (2020) Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: Al Ma'arif , hlm. 23.
Ahmad Tafsir (2015) Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, cet.5., hlm.109
Al-Maraghi (2016) A. M. Terjemah Tafsir Al-maraghi Juz 4 (B. A. Bakar, Trans.). (Semarang: Toha Putra 2016) , hal. 111-112
Ahmad Agis Mubarak (2019) Musyawarah dalam Perspektid Al-Qur’an:Analisis Tafsir al-Maraghi, Al-Baghaqi dan Ibnu Katsir, (Jurnal Maghza, Edisi: Januari-Juni, Vol. 4, No. 2, hal. 154-155
Ahmad Agis Mubarak (2019) Musyawarah dalam Perspektid Al-Qur’an:Analisis Tafsir al-Maraghi, Al-Baghaqi dan Ibnu Katsir, (Jurnal Maghza, Edisi: Januari-Juni, Vol. 4, No. 2, hlm. 15
Andi Prastowo (2012) Metode Penelitian Kualitatif, Ruzz Media hlm. 45
Al-Qur’an dan Terjemahnya (2021 Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penerjemah/Pentafsir Al-Quran, hlm.103
Arifin. H.M (2016) . Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Cet. II; Jakarta: Bumi Angkasa, hlm. 62- 64
Abda-Rahmanal-Nahlawi (2016), Ushul Al-Tarbiyyah Al-Islamiyyah, diterjemahkan oleh Hery Noer Ali dengan judul Prinsip-prinsip dan Metoda Pendidikan Islam Dan Keluarga, di Sekolah dan di Masyarakat Cet.III; Bandung: CV Diponegoro, hal 49.
Badri Yatim (2004) Sejarah Peradaban Islam Cet. II; Jakarta: LASIK, hal 22.
Bunyamin (2021) Konsepsi Musyawarah dalam Al-Qur’an jurnal Al-‘Adl, Vol. 10 No. 1, Januari, hlm. 1
Daulay (2016) Pendidikan Islam dalam Perspektif Islam, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, hlm. 23
Dudung Abdullah, (2014) Musyawarah dalam Al-Qur’an (Suatu Kajian tafsir Tematik), (Jurnal ad-Daulah vol. 3/No. 2/ UIN Alauddin Makassar), hal. 245
Darmaningtyas (2005) Pendidikan Rusak-Rusakan, Yogyakarta : Lkis, hlm, 294
Darwyan Syah. Dkk (2016) Penggunaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta : Faza Media, hlm3.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2010) Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, hlm. 195
H.M. Arifin (2014) Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner Jakarta; Bumi Aksara, hlm. 17.
Salim, Abd. Muin (2014) Konsepsi Kekuasaan Politik dalam al-Quran, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada hlm, 43.
Said 'Aqiel Siradj (2017) Ahlussunnah wa al-Jama'ah dalam Lintas Sejarah, cet-1, LPKSM: Yogyakarta, hlm. 74
Samsudin R, (2013) Fiqih Demokrasi Menguak Kekeliruan Haramnya Umat Terlibat Pemilu dan Politik, Jakarta: Gozian Press,hlm. 23
Suharsimi Arikunto, ( 2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan, Jakarta: PT Rineka Cipta, hlm. 22-172
Sugiyono (2010) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: ALFABETA), hlm 309.
Soedarto( 2017), Metodologi Penelitian Filsafat, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, hlm. 116
Shihab, M. Quraish. (2002) Tafsir al-Mishbah; Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. (Jakarta: Lentera Hati), hlm 98
Taufiq Muhammad al-Syawi (2013) Fiqh al-Syura wa al-Istisyarah, (terj: Djamaluddin), (Jakarta: Gema Insani Press, hlm. 151-152.
Taufiq Asy-syawi (2013) Syura dan demokrasi, Jakarta:Gema Insani, hlm. 15
Tilaar, H (2011) Standarisasi Pendidikan Nasional: Suatu Tinjauan Kritis, (Jakarta: Rineka Cipta, hlm. 11.
Wael B. Hallaq (2020) Sejarah Teori Hukum Islam, terj. E. Kusnadiningrat dan Abdul Haris, Cet-1, Raja Grafindo: Jakarta, hlm, 256.
Yudi Usman (2011), Demokratisasi Pendidikan, Surabaya: Nidamia, hlm. 13