Implementasi Strategi Mc KINSEY 7S Dalam Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan

Siti Nuraeni Mitra

Abstract


Artikel ini dimaksudkan untuk memaparkan upaya mengintensifkan pelaksanaan manajemen mutu pendidikan dengan mengimplementasikan McKinsey’s kerangka kerja 7S.  Mutu menjadi aspek terpenting dalam setiap lembaga pendidikan, dimana mutu diyakini sebagai  modal utama dalam menghadapi persaingan. Oleh sebab itu, mengelola sebuah Lembaga pendidikan haruslah secara komprehensif dan terintegrasi. Hal tersebut tidak terlepas dari bagaimana sebuah lembaga mengelola mutu itu. Pengelolaan manajemen mutu pada dasarnya diarahkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen secara konsisten dan mencapai peningkatan secara terus-menerus dalam setiap aspek aktivitas lembaga pendidikan. Pada dasarnya manajemen mutu berusaha meningkatkan mutu pekerjaan, produktivitas dan efisiensi melalui perbaikan kinerja baik internal maupun eksternal. Mutu dari pendidikan dapat diketahui dari pemenuhan delapan standar pendidikan yang harus dipenuhi oleh sekolah. Delapan standar pendidikan tersebut meliputi, standar isi (pelaksanaan dan pengembangan kurikulum), standar proses, standar penilaian, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan elemen di institusi pendidikan,standar pembiayaan pendidikan, standar sarana dan prasarana pendidikan.Oleh karena itu , Salah satu usaha yang relatif baru di sekolah adalah model yang diterapkan pada kerangka kerja 7S McKinsey.Model kerangka kerja 7S McKinsey mempromosikan manajemen berbasis nilai yang memiliki unsur unsur keras dan unsur lunak. Elemen keras meliputi: strategi, struktur, dan sistem, sedangkan elemen perangkat lunak meliputi: nilai, keterampilan, gaya, dan staf. Kedua unsur-unsur tersebut terintegrasi dalam pelaksanaan yang sangat penting bagi Pendidikan agar manajemen mutu pendidikan sekolah dapat berhasil sesuai harapan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2018). Manajemen mutu pendidikan di sekolah peran kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru, dan partisipasi masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 190–198.

Barney, J. (1991). Special theory forum the resource-based model of the firm: origins, implications, and prospects. Journal of Management, 17(1), 97–98.

Fadhli, M., Jurusan, D., Stain, T., Lhokseumawe, M., & Kunci, K. (2016). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Itqan, 7(1), 103–113.

Hadi, A. (2018). Konsepsi Manajemen Mutu dalam Pendidikan. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(2), 134–144.

Handoko, M. D. (2020). Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Persfektif Kebijakan Pendidikan Nasional. Jurnal Dewantara, 9(01), 35–52.

Hasibuan, H. S., Nasution, E. S., & Lubis, F. (2023). Advokat Prespektif Maqhasid Syariah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(7), 203–208.

Mundiri, A. (2016). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Membangun Branding Image. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 3(2).

Munirom, A. (2021). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 7(01), 154–174.

Nabila, A. (2022). Konsepsi Manajemen, Manajemen Mutu, Dan Manajemen Mutu Pendidikan. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 56–63.

Peters, T., & Waterman Jr, R. H. (2011). McKinsey 7-S model. Leadership Excellence, 28(10), 2011.

Puspitasari, H. (2018). Standar proses pembelajaran sebagai sistem penjaminan mutu internal di sekolah. Muslim Heritage, 2(2), 339–368.

Ristianah, N., & Ma’sum, T. (2022). Konsep Manajemen Mutu Pendidikan. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 4(01), 45–55.

Saputro, M. N. A., & Hadi, B. (2022). Pengembangan System Penjaminan Mutu Pendidik untuk Menciptakan Seorang Pendidik yang Professional. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(11), 3745–3764.

Siahaan, A., Akmalia, R., Amelia, Y., Wulandari, T., & Pasaribu, K. (2023). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 5(2), 3840–3848.

Siahaan, A., Anggara, A. B., Ramadani, I., Mtd, N. P., & Rozzaqiyah, Z. (2023). Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3645–3651.

Siregar, R. W., Siahaan, A., & Nasution, I. (2023). UPAYA MENINGKATKAN MUTU MANAJEMEN MELALUI MEKANISME PENETAPAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI MTS SE KECAMATAN SEI SUKA KABUPATEN BATU BARA. Research and Development Journal of Education, 9(1), 73–79.

Umar, M., & Ismail, F. (2018). Peningkatan mutu lembaga pendidikan ISLAM (Tinjauan konsep mutu Edward Deming dan Joseph Juran). Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(2).

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/am.v5i1.4886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


a