Kepemimpinan soft Power Kepala Sekolah Di SMP Islam

Dewi Qurotal Kaffah, Ari Prayoga

Abstract


Kepala sekolah, sebagai seorang pemimpin, harus memiliki sifat, karakter, ciri, peran yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Bapak Ahmad Syarif seorang kepala sekolah di Sekolah Menengah PertamaIslamiyah Ciawi mampu mendobrak kebiasaan lama dengan manajemen softpower kepemimpinannya sehingga SMP Islamiyah Ciawi mampu bersaing dengan sekolah-sekolah negeri di daerahnya. Sifatnya yang lembut namun berwibawa, menjadi panutan seluruh stakeholder sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap tipe kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP Islamiyah Ciawi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Kepala sekolah, sebagai seorang pemimpin, harus memiliki sifat, karakter, ciri, peran yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Adalah Bapak Ahmad Syarif seorang kepala sekolah di SMP Islamiyah Ciawi mampu mendobrak kebiasaan lama dengan manajemen softpower kepemimpinannya sehingga SMP Islamiyah Ciawi mampu bersaing dengan sekolah-sekolah negeri di daerahnya. Sifatnya yang lembut namun berwibawa, menjadi panutan seluruh stakeholder sekolah.


Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2014). Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (IV). Thousand Oaks, California: SAGE Publications, Inc.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis (Second Edi). London: SAGE Publications, Inc.

Brantas. 2009. Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Fahmi, Irham. 2014. Manajemen Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung: Alfabeta.

Ferryanto, Hanif dan Zaki, Irham. Implementasi Kepemimpinan Islam dalam Proses Inovasi Produk pada Sentra Batik Jetis Sidoarjo. 2015. JESTT. Vol. 2 (3). Diakses pada 16 Oktober 2018.

Rasim, Ahmad. Tipologi dan Karakter Ideal Kepemimpinan Dunia. 2014. Jurnal Lingkar Widyaiswara. Vol. 1 (1). Hal. 46. Dalam www.juliwi.com diakses pada 23 November 2018.

Rivai, Veithzal. 2003. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawalli Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/am.v1i2.1676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


a