PEMBUATAN PROTOTYPE POMPA HIDRAM UNTUK PENGAIRAN PESAWAHAN DI DATARAN TINGGI

Tia Setiawan

Abstract


Air adalah salah satu dari sekian banyak Sumber Daya Alam yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan makhluk hidup serta membantu aktivitas kehidupan manusia terutama dibidang pertanian salah satunya pesawahan. Pompa hidram bekerja tanpa menggunakan bahan bakar atau energi luar. Pompa ini memanfaatkan tenaga aliran yang jatuh dari tempat suatu sumber dan sabagian dari air itu dipompakan ke tempat yang lebih tinggi. Pompa hidram yang digunakan untuk penelitian adalah pompa buatan dan rancangan sendiri dengan referensi dari yang sudah ada. Metedologi yang digunakan yaitu perancangan pompa hidram, pemilihan alat dan bahan, pembuatan pompa hidram, pengujian dan pengambilan data. Berdasarkan hasil percobaan didapatkan nilai debit rata-rata pompa hidram pada tinggi permukaan air keluar 1 meter sebesar 0,9 liter/menit dengan pipa keluar 5/8 in, pada tinggi permukaan air keluar 1 meter sebesar 1,8 liter/menit dengan pipa keluar 1/2 in, dan pada tinggi permukaan air keluar 0,5 sebesar 1 liter/menit dengan pipa keluar 1/2in.

Full Text:

PDF

References


Hartono, B. (2016). “Pengaruh Variasi Tabung Udara terhadap Debit Pemompaan Pompa Hidramâ€. Banten: Jurnal SINTEK. Vol. 8.NO.1:25-xviii.

Gatut Prijo Utomo, et al. 2015. Analisa Pengaruh Tinggi Jatuhan Air Terhadap Head Pompa Hidramâ€. Surabaya: Jurnal Pengabdian LPPM Untag. Vol. 01,No. 02:211-224.

Andrea Sebastian Ginting dan M. Syahril Gultom. (2014). “Analisa Pengaruh Variasi Volume Tabung Udara dan Variasi Beban Katup Limbah terhadap Performa Pompa Hidramâ€. Sumatera Utara: Jurnal e-Dinamis. Vol.9 No.1:47-56.

Wahyudi, S. I. dan Fachrudin, F. (2008). “Korelasi Tekanan dan Debit Air Pompa Hidram Seba gai Teknologi Pompa Tanpa Bahan Bakar Minyakâ€. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil , Universitas Sultan Agung, Semarang.

Suarda, M., Wirawan, IKG.,2008, Kajian Eksperimental Pengaruh Tabung Udara pada Head Tekanan Pompa Hidram, Jurnal Ilmiah Teknik Mesin CAKRAM, Vol. 2, No.1:10-14


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Cetak : 2528-3820

Copyright © 2016 Fakultas Teknik Universitas Majalengka. All Right Reserved.