PENGARUH KEADILAN PROSEDURAL PARTISPATIF DAN DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN

Asep Qustolani

Abstract


ABSTRAK

Kepuasan kerja merupakan hal yang menarik dan penting karena kepuasan kerja yang dirasakan dapat mempengaruhi pekerjaan secara langsung. Fokus pada keadilan prosedural partisipatif, dukungan organisasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan. Pendekatan ini Menggunakan metode survei dengan teknik analisis deskriptif dan verifikatif. Objek kajian adalah KSPSI Kabupaten Majalengka yang berjumlah 14.500 anggota sebagai populasi dan sampel nya 100 anggota. Hasil uji validitas dilakukan dengan membandingkan nilai Corrected Item-Total Correlation dibandingka dengan nilai r tabel dan uji realibilitas dengan menggunaka rumus Cronbach Alpha. Dengan Analisis Deskriptif, Analisis Verifikatif, Uji Normalitas Data, Uji t dan Uji F. Hasil menunjukkan bahwa keadilan prosedural partisipatif berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Dukungan organisasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Artinya semakin baik persepsi keadilan prosedural partisipatif dalam diri karyawan dan semakin baik dukungan organisasi yang diberikan perusahaan maka akan semakin meningkatkan rasa kepuasan kerja karyawan.

Kata Kunci: Keadilan Prosedural Partisipatif, Dukungan Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan.


Full Text:

PDF

References


Ainun Najib. 2016. Peran Serikat Buruh Dalam Perlindungan Hak-hak Buruh Di PT. Gloria Satya Kencana Gunung Sindur Parung Bogor. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta

A Yunus & Ruchiyat . 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama.Penerbit : Univesitas Majalengka.

Asep Qustolani. 2015. “ Pemodelan Keadilan Prosedural Partisipatif dalam usaha meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Empiris pada Industry Tekstil dan Produk Tekstil Di Jawa Barat) . Disertasi. Universitas Diponegoro Semarang.

. 2018. “ Pengaruh Keadilan Prosedural Partisipatif dan Kepuasan Krja Terhadap Kinerja Karyawanâ€. Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi. Universitas Majalengka

Dewi Sariana. 2017 “Pengaruh Keadilan Distributif, Keadilan Prosedural, dan Keadilan Interaksional Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. ( Studi Kasus PT Kereta Api Indonesia). Skripsi.Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Edy Sutrisno. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana. Jakarta

I Gede Riana. 2016. Pengaruh Dukungan Organisasional Dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Karyawan Pada Koperasi Simpan Pinjam Di Denpasar Utara. Jurnal. Universitas Udayana Bali.

Imam Ghozali. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang : BP Universitas Diponegoro.

Johan. 2012. “Keputusan Kerja Karywan dalam Lingkungan Instansi Pendidikanâ€. Jurnal Pendidikan Penabur. No. 1/th 1. Universitas Atma Jaya. Jakarta.

Lia Nurbadiah. 2017. “ pengaruh Keadilan Prosedural Partisipatif dan Dukungan Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Organik ( studi kasus PT Telkom Indonesia Tbk, Witel Cirebon). Skripsi. Universitas Majalengka.

Hasibuan, S.P. Malayu. 2012. “Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€. Edisi Revisi. Jakarta, Penerbit : Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/mr.v3i2.2546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.