PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND AWARENESS DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE SAMSUNG

Endah Prihartini, Haris Fauzi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness, Word of Mouth dan minat beli di Universitas Majalengkasecara parsial.

Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode survey dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120 responden. Teknik pengambila sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan skala pengukuran Likert. Uji instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji realibilitas. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik dengan menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis untuk uji parsial menggunakan uji t.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Social Media Marketing, Brand Awareness, dan Word of Mouth berada pada kategori baik, dan minat beli dalam kategori cukup. Social Media Marketingberpengaruh signifikan terhadap minat beli.Brand Awarenessberpengaruh signifikan terhadap minat beli. Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap minat beli.

 

Kata kunci : Social Media Marketing, Brand Awareness, Word of Mouth, Minat Beli


Full Text:

PDF

References


Anoraga, Pandji & Djoko Sudamoko. 2002. Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Antoni Adi Wiyoko. 2018. Pengaruh Iklan Internet Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Lenovo. Skripsi. Universitas Lampung.

Gun Gun Gumelar. 2018. Pengaruh Brand Quality Dan Country Of Origin Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung. Skripsi. Universitas Majalengka.

Hasan, Ali. 2014. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Jakarta: CAPS

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Nuning Andriyani. 2018. Pengaruh Electronic word of mouth dan Brand Awareness terhadap Minat Beli. Skripsi. Universitas Majalengka

Sugiyono. 2018. Statistik Nonparametris Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Sumardi, Silviana, dan Melina. 2011. The Power Word Of Mouth Marketing. Jakarta : Gramedia.

Shelma Destania Putri, Ratih Tresnati. 2018. Pengaruh sosial media pemasaran terhadap minat beli. Universitas Islam Bandung. E. Proceeding of management. Vol 4. No 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/mr.v3i2.2454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.