PENGARUH MEDIA CD INTERAKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS

Ading Muslihudin

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh media CD interaktif dibandingkan dengan media konvensional terhadap keterampilan berpikir kreatif dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV SD Negeri Cipicung Kabupaten Kuningan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD kelas IV di kecamatan cipicung dengan sampel penelitian siswa kelas IV SD Negeri Cipicung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Alat tes penelitian ini adalah tes keterampilan berpikir kreatif. Data penelitian berupa tes dianalisis menggunakan program SPSS data pretes dan postest yang dianalisis secara kuantitatif dengan uji perbedaan dua rata-rata parametrik uji-t. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media CD interaktif mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

 

Kata Kunci : Media CD interaktif, Keterampilan berpikir kreatif


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i1.416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ading Muslihudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.