KEJENUHAN BELAJAR DARING PADA MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19

Fanny Septiany Rahayu, Fikriyah Fikriyah, Dianasari Dianasari, Rezkya Miranda Nishfa

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi dengan adanya pembelajaran jarak jauh (daring) di masa pandemic Covid-19. Proses pembelajaran di Perguruan Tinggi yang menggunakan daring dalam kurun waktu hampir dua tahun ini selama pandemic menimbulkan rasa jenuh pada mahasiswa karena tidak dapat berinteraksi secara langsung baik dengan guru ataupun teman-temannya. Oleh sebab itu, tujuan utama penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap gambaran kejenuhan belajar daring pada mahasiswa di masa pandemic Covid-19. Penelitian ini diawali dengan studi pendahuluan dan perancangan konseptual instrumen kejenuhan belajar mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Hasil dari penelitian kejenuhan belajar peserta didik dimasa pandemic adalah 26 mahasiswa (20,9%) mempunyai nilai kejenuhan belajar dalam kategori tinggi, 55 mahasiswa (44,4%) mempunyai nilai kejenuhan belajar dalam kategori sedang, dan 43 (34,7%) mempunyai nilai kejenuhan belajar kategori rendah.  Berdasarkan jawaban mahasiswa dapat disimpulkan bahwa kejenuhan belajar pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon termasuk dalam kategori sedang dengan skor mencapai 44,4%.


Keywords


Kejenuhan Belajar; Pandemi

Full Text:

PDF

References


Abu, A A. (2004). Mengatasi Kejenuhan. Jakarta : Khalifa.

Aji, R H S. (2020). Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Journal Salam: Sosial & Budaya Syar’i: Vol.7 No.5. pp.395-402.

Bahrer-Kohler, S. (2012). Burnout for Expert: Prevention in the context of living and working. London: Springer Science & Business Media.

Cherniss, C. (1980). Staff Burnout : Job Stress in the Human Services. California: Sage Publications.

Creswell, J, W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (Fourth Edition). Boston: Pearson.

DeVito. Joseph A. (2011). Komunikasi Antarmanusia Edisi Kelima. Alih Bahasa Maulana. Agus. (Tangerang Selatan : Karisma, 2011), 67.

Hakim, T. (2000). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara

Kompas. (2020). Upaya untuk Meningkatkan mutu Pendidikan. Diakses di https://www.kompasiana.com/marlensirait/55293556f17e61cc4a8b45aa/upaya-untuk-meningkatkan-mutu-pendidikan-peningkatan-mutu-belajar pada tanggal 26 Juli 2020 pukul 21.00 WIB.

Maslach, C., & Leiter, M P. (1997). The Truth About Burnout : How Organizations Cause Personal Stress. San Francisco: Jossey-Bass.

Moniteri, I’is. (2021). Pengaruh Kejenuhan Belajar dan Stres Akademik terhadap Coping Stres dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas VIII Di SMP Bhinneka Karya.

Muhibbin, S. (2005). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru: Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurwangid, M, Isti YP dan Kartika NF. (2010). Penerapan Bimbingan Kelompok (Group Activity) dalam mengatasi Burnout Bersekolah pada siswa Sekolah Dasar. Artikel. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Oktavian, R. & Aldya R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129-135. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763.

Repici et all. (2020). Endoscopy Unit and the Coronavirus Disease 2019 Outbreak: A Multicenter Experience From Italy. Journal Gastroenterology 2020; 159:363-366.

Rothe C, Schunk M, Sothmann P, Bretzel G, Froeschl G, Wallrauch C, Zimmer T, Thiel V, Janke C, Guggemos W, et al. (2020). Transmission of 2019-nCoV infection from an asymptomatic contact in Germany [epub ahead of print 30 Jan 2020] in press. N Engl J Med. doi:10.1056/NEJMc2001468.

Sayyid, M. N. (1993). Penyebab Gagalnya Dakwah. Jakarta: Gema Insani Press.

Schaufeli, W.B., & Enzmann, D. (1998). The burnout companion to study and practice: A critical analysis. United Kingdom: CRC press.

Thohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo.

Ulfiani, R. (2007). Mengenal Burnout Pada Guru: Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia. Jurnal Psikologi Sosial, Vol.13, No.2.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fanny Septiany Rahayu, Fikriyah - -, Dianasari - -, Rezkya Miranda Nishfa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.