COOPERATIVE LEARNING MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN READING COMPREHENSION DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Sigit Vebrianto Susilo

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Inggris di SD. Pembelajaran bahasa Inggris di SD cenderung lebih fokus terhadap penggunaan buku pegangan siswa, sehingga ketika siswa mendapat instruksi dalam bahasa Inggris, siswa kurang mampu memahami, merespon, dan melakukan tindakan dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran reading comprehension dengan menggunakan cooperative learning make a match. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dalam pembelajaran reading comprehension setelah menggunakan cooperative learning make a match. Penelitian dilakukan di kelas IV SDN Sindangkasih II Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka dengan jumlah siswa 24 orang. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus penelitian. Masing-masing siklus terdiri atas tiga tindakan dengan tema pembelajaran yang berbeda, tetapi menggunakan model yang sama yaitu cooperative learning make a match. Adapun instrumen yang digunakan berupa RPP, lembar kerja siswa, lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, lembar evaluasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengumpul data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diolah secara deskriptif, sedangkan data kuantitatif diolah dengan cara mencari persentase dan rerata.  Aspek yang dinilai dalam reading comprehension adalah ketepatan siswa dalam menjawab soal-soal dalam lembar kerja siswa.

Kata Kunci: cooperative learning make a match, reading comprehension

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v1i1.348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sigit Vebrianto Susilo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.