ANALISIS BUKU SISWA KELAS SATU DITINJAU DARI MATERI PEMBELAJARAN DAN PENGALAMAN PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Sendi Fauzi Giwangsa, Tatang Syaripudin, Mela Darmayanti, Mubarok Somantri

Abstract


Pada kurikulum 2013 materi IPS di kelas rendah di integrasikan dalam Kompentensi Dasar (KD) bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis buku siswa kelas 1 dari aspek materi dan pengalaman belajar IPS. Dari aspek materi akan dilihat bagaimana kesesuaian materi dengan KD yang bermuatan IPS serta bagaimana keakuratan materi yang disajikan dalam buku siswa kelas 1. Pada aspek pengalaman belajar akan dilihat bagaimana kesesuaian materi dengan aktivitas belajar siswa, pembelajaran yang berpusat pada siswa, bagiamana buku tersebuat dapat mendorong pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis isi dimana objek yang menjadi penelitian ini yaitu buku siswa kelas 1 kurikulum 2013. Berdasarkan hasil analisis, dari aspek materi buku siswa sudah memenuhi aspek kesesuaian KD dengan materi dan juga aspek keakuratan materi. Sedangkan dari aspek pengalaman belajar buku siswa sudah sesuai antara materi dengan aktivitas dan sudah mendorong pembelajran yang berpusat pada siswa serta mendorong aspek pengatahuan siswa. Namun pada aspek mendorong sikap dan ketermapilan masih dirasa kurang terutama dari sisi praksis pengembangan nilai dan sikap yang masih bersifat teoritis yaitu dengan mencontohkan dan mengisi soal-soal terkait sikap dan keterampilan belum sampai pada pengimplementasian sikap dan nilai dalam kehidupan sehari-hari.

Keywords


buku siswa;materi pembelajaran; pengalaman pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Aisah, N. (2020). Analisis Nilai Karakter Permainan Tradisional Pada Buku Siswa Kelas 4 SD Kurikulum 2013. Social, Humanities, and Education STudies (SHEs), 3(4), 397–403.

Amalia, D. J. (2017). Analisis Kelayakan Buku Siswa Kelas IV Tema Makhluk Hidup Kurikulum 2013. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 6(1), 98–109. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.617

Dewi, M. P. (2020). Analisis Kesesuaian Materi IPA Buku Siswa Kelas IV SD Terhadap Standar Isi Kurikulum 2013. School Education Journalucation Journal, 10(1), 50–54.

Fogarty, R. (1991). The mindful school: How to Integrated the Curricula. IRI/SkylightPublishing, Inc.

Hidayati. (2004). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. FIP Universitas Negeri Yogyakarta. https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_ilmu_pengetahuan_sosial

Ishack. (2004). Pendidikan IPS di SD. Universitas Terbuka.

Khoirunnisa, R., Aldina, R. A., & Yanti, P. G. (2020). Analisis Kesesuaian Materi Bahasa Indonesia pada Buku Siswa Kelas III SEMESTER 1 Revisi 2018 di Sekolah Dasar Dengan Kurikulum 2013. Spektrum Penellitian Pendidikan Dasar, 1(1), 1–8.

Krippendorff, K. (1993). Content Analysis : Introduction to its Theory and Methodology Terj. Analisis Isi : Pengantar Teori dan Metodologi. Rajawali.

Lesmoyo, A. Y. S. (2017). Analisis Kelayakan Buku Ajar Siswa Kelas VI SD Yang Ditulis Nesti Rahma Wati Trisnanda dan Diterbitkan CV HAsan Pratama Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Waspada FKIP UNDARIS, 2007(25), 54–60.

Maksum, A., & Juwita. (2016). Analisis Kualitas Buku Pelajaran IPS SD. Jurnal PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 30(1), 41–66.

Mawardi, W., & Hardini, K. (2019). Model Desain Pembelajran Tematik Kontekstual dalam Peningkatan Kebermaknaan Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1).

Nasional, K. P. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Buku (pp. 1–7).

Nova dan Habudin. (2017). Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Siswa Kelas IV SD / MI Tema Cita-Citaku Dengan Kurikulum 2013. Primary, 9(1), 111–128.

Nusaibah, N., & Murdiyani, N. M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Materi Lingkaran untuk Siswa Kelas VII SMP. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, 475–482.

Permendiknas. (2005). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 tentang Buku Teks Pelajaran (p. Hlm: 1-5).

Samlawi, F., & Maftuh, B. (1998). Konsep Dasar IPS. Depdikbud. https://doi.org/10.31227/osf.io/vf3nd

Sapriya, S. (2011). Pendidikan IPS. PT Remaja Rosdakarya.

Savage, T. V., & Armstrong, D. G. (2004). Effective Teaching in Elementary Social Studies. Prentice-Hall, Inc.

Sukino; Rahim, abdur. (2021). Analisis Standar Isi Terhadap Buku Teks Bina Akidah Akhlak Siswa Kelas I MAdrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013. Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 8(5), 1499–1512. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i5.22875

Yani, A. (2014). Mindset Kurikulum 2013. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 sendi fauzi giwangsa, Tatang Syaripudin, Mela Darmayanti, Mubarok Somantri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.