PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS TERINTEGRASI KARAKTER TEMA 6 KELAS III SEKOLAH DASAR

Nur Ngazizah, Dea Rizky Saputri, Fatma Ayu Prahastiwi, Dorojatun Maulannisa, Dhiana Safitri

Abstract


Pembelajaran Kurikulum 2013 adalah tematik, dimana suatu tema memuat beberapa mata pelajaran, salah satunya mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). IPA berkaitan dengan lingkungan seperti observasi langsung dan tidak langsung, kesadaran skala, bahasa simbolik, kerangka logika, penarikan kesimpulan logika, hukum sebab akibat, pemodelan, membagun konsep. Namun dalam praktiknya terutama di SD (Sekolah Dasar), belum melakukan kegiatan tersebut. Aspek tersebut termasuk dalam keterampilan generik sains. Perangkat pembelajaran merupakan faktor pelaksanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan perkembangan anak dengan memberikan penguatan karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan produk tentang modul berupa majalah, LKS (Lembar Kerja Siswa), media yang interaktif, dan penilaian autentik; (2) melihat kelayakan dari produk tersebut; (3) mengetahui respon siswa terhadap produk yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah pengembangan dengan model 4D (Design, Define, Development, dan Dessimination). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan: (1) perangkat pembelajaran yang dihasilkan berbasis keterampilan generik sains terintegrasi karakter; (2) hasil validasi perangkat pembelajaran dinyatakan sangat valid (3) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran tersebut memperoleh kategori sangat efektif; (4) respon siswa terhadap majalah dalam kategori sangat praktis, LKS dalam kategori sangat praktis, media interaktif memperoleh kategori sangat praktis, dan penilaian autentik diperoleh kategori praktis. Demikian perangkat pembelajaran berbasis keterampilan sains generik terintegrasi karakter tema 6 energi dan perubahan di kelas III SD yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan valid dan praktis serta layak untuk pembelajaran.


Keywords


lks; majalah; multimedia; penilaian autentik

Full Text:

81-89

References


Akbar, N. S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Energi Alternatif Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Perumnas Codongcatur. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, V(6), 109–117.

Anggraheni, N. N., Sriyono, & Ngazizah, N. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik untuk Mengukur Sikap Sosial Peserta Didik SMA Kelas X pada Pembelajaran Fisika. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 7(2), 1–6.

Asfuriyah, S., & Nuswowati, M. (2015). Pengembangan Majalah Sains Berbasis Contextual Learning pada Tema Pemanasan Global untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(1), 739–746.

Hamdani. (2011). Filsafat Sains. In Bandung: CV Pustaka Setia.

Julaiha, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu, 14(2), 226–239.

Mannan, M. N., Sopyan, A., & Sunarno. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengembangkan Karakter Positif Siswa SD. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 141–146.

Margariena, I. N., Imron, A., & Burhan. (2017). Mengintegrasikan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, 1–9.

Ngazizah, N. (2011). Pengembangan Subject Spesific Pedagogy (SSP) Berbasis Domain Sikap Sains Untuk Menanamkan Karakter Siswa SMP. Tesis Tidak Dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nuritno, R., Raharjo, H., & Winarso, W. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa. ITEJ (Information Technology Engineering Journals), 2(1), 1–10.

Nusaibah, N., & Murdiyani, N. M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Materi Lingkaran untuk Siswa Kelas VII SMP. In Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 475–482).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, Nomor 13 Tahun 2015, tentang Standar Kompetensi Lulusan.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. In Yogyakarta: Diva Press.

Rosa, D. D., & Azizah, U. (2017). Keterampilan Generik Sains Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 1 Taman. UNESA Journal of Chemical Education, 6(2), 162–167.

Salahudin, A., & Alkrienciehie, I. (2017). Pendidkan Karakter Berbasis Budaya dan Agama. In Bandung: CV Pustaka Setia.

Saputro, H. B., & Soeharto. (2015). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 61–72.

Setiawan, H., Sa’dijah, C., & Akbar, S. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Kompetensi Pada Ranah Keterampilan Untuk Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 874–882.

Silalahi, W., & Nasution, S. D. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswadengan Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas V-A SD Negeri 101775 Sampali. SEJ (School Education Journal), 9(2), 111–119.

Sunyono. (2017). Model Pembelajaran Kimia Berbasis lingkungan dan Keterampilan Generik. In Yogyakarta: Innosain.

Thiagarajan. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceotional Children: A Sourcebook. 6-9.

Widoyoko, S. E. P. (2016). Hasil Pembelajaran di Sekolah. In Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yulianti, N. (2016). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Karakter. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Ngazizah, Dea Rizky Saputri, Fatma Ayu Prahastiwi, Dorojatun Maulannisa, Dhiana Safitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.