IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR

Nana Sutarna, Ipan Ripai

Abstract


Salah satu masalah yang dihadapi dalam lingkup pendidikan kita adalah masalah lemahnya proses pembelajaran yang pada umumnya cenderung diarahkan kepada kemampuan anak untuk mengembangkan kemampuan kognitif. Salah satu upaya yang dapat ditempuh yaitu dengan cara penerapan model pembelajaran yang inovatif yakni model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran menggunakan model problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi experimental designs yang dalam penelitiannya menggunakan nonequivalent control group design. Hasil penelitian ini juga akan menjadi dasar pengembangan pembelajaran berbantuan komputer sebagai media pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan kemampuan siswa, sehingga membantu guru untuk mengajarkan konsep multimedia atau yang lainnya yang membutuhkan kemampuan visualisasi yang baik bagi siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji NGain skor menunjukan bahwa rata – rata NGain Skor Kelas Kontrol adalah sebesar 11.67 atau 12% termasuk kedalam kategori tidak efektif. Dengan Ngain skor minimal 0.00 dan maksimal 50.00. Sementara rata – rata NGain skor untuk kelas eksperimen adalah sebesar 46.90 atau 47% termasuk kedalam kategori cukup efektif dengan NGain skor minimal 0.00 dan maksimal 100.00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL berbantuan Macromedia flash cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas IV sekolah dasar tahun pelajaran 2019-2020.


Keywords


Macromedia flash; Media Pembelajaran; Problem based learning

Full Text:

130-137

References


Anugraheni. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9-18.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ayuningsih, D., dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 94-99.

Darmawan, D. (2012). Inovasi Pendidikan: Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fakhri, I. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Berbantuan Macromedia Flash Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Momentum, Impuls, Dan Tumbukan Kelas X SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7 (3), 271-277.

Febriyanto, B dan Yanto A. (2019). The Effectiveness of Photo Story in Multiliteracies Learning towards Narrative Writing Skills of Fifth Grade of Elemantary School Students. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. 6 (2), 191-203.

Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 2: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, M. (2016). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Pragmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indrawati. (2011). Perencanaan Pembelajaran Fisika: Model – Model Pembelajaran Implementasinya dalam Pembelajaran Fisika. Jember: Kemendikbud Universitas Jember.

Nahdi, DS dan Cahyaningsih, U. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SD Kelas V dengan Berbasis Pendekatan Saintifik yang Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 5 (1), 1-7.

Nitko, A. J. & Brookhart, S. M. (2011). Educational Assesment of Student. Pearson Education. Inc: Boston, MA.

Rahmi, MSM, dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education. 3 (2), 178-185.

Rosita, NT. (2013). Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY,978-979-16353-9-4.

Sugiyono. 2015. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta

Sutarna, N. (2020). The Development of Teaching Materials Based on Quantum Teaching Model Using Lectora Inspire. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series. IOP Publishing 1477 (2020) 042003 doi:10.1088/1742-6596/1477/4/042003.

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran (Pelengkap untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogis para Guru dan calon guru. Bandung: tidak diterbitkan.

Wardhani. (2008). Standar Penilaian Pendidikan (Implikasinya Terhadap Tugas Guru dan Matematika di Sekolah). Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Wijaya. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Winarni, Endang, S dan Harmini, S. (2014). Matematika untuk PGSD. Bandung: PT Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nana Sutarna, Ipan Ripai

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.