Tenaga Kerja dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Rumah Tangga (Suatu Kasus Pada Industri Rumah Tangga Emping Jagung di Desa Ciomas Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka)

Jaka Sulaksana, Dinar Dinar, Rizki Kholilah Ispanji

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan tenaga kerja wanita bekerja di industri rumah tangga emping jagung, nilai tambah yang dihasilkan dari pengelolaan industri rumah tangga emping jagung dan kontribusinya terhadap pendapatan rumah tangga.

Penelitian ini menggunakan metode suatu kasus dengan objek penelitiannya adalah mengenai alasan tenaga kerja wanita bekerja di industri rumah tangga emping jagung. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder, dan dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini dilakukan bulan Agustus.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa alasan pengelola industri rumah tangga emping jagung adalah alasan ekonomi semakin sulit, tidak memiliki keterampilan, sulit mencari pekerjaan di sector lain, usaha warisan dan peluang pasar emping jagung cukup baik serta permintaannya semakin tinggi. Alasan tenaga kerja wanita bekerja di industri rumah  tangga emping jagung adalah alasan ekonomi semakin sulit, tidak memiliki keterampilan, pendidikan rendah, bekerja dirumah dan sulit mencari pekerjaan.

Nilai tambah yang diperoleh pengelola rata-rata Rp. 185.000 per proses produksi , sedangkan nilai tambah yang diperoleh pengelola dalam satu bulan rata-rata Rp.4.625.000. Pengelola industri rumah tangga emping jagung dapat memberikan kontribusi terhadap pendapatan rumah tangga sebesar 71,43%, sedangkan tenaga kerja wanita dapat memberikan kontribusi terhadap pendapatan rumah tangga sebesar 8,43%.

Kata Kunci : Tenaga kerja, Industri rumah tangga emping, nilai tambah, pendapatan.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.