Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Adopsi Pengelolaan Tanaman Terpadu Pada Usahatani Padi Sawah†(Suatu Kasus di Desa Mekarhurip Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka)

Jaka Sulaksana, Nana Rusnadiatman, Reviyadi Suharya

Abstract


Penelitian dilaksanakan di Desa Mekarhurip Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka, dari bulan Juli sampai September 2014. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1).Faktor-faktor yang diduga berhubungan dengan tingkat adopsi petani pengelolaan tanaman terpadu (PTT), 2). Hubungan adopsi petani dengan komponen Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) padi sawah,   3).Hubungan antara faktor-faktor yang diduga berhubungan dengan tingkat adopsi petani Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) padi sawah.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode acak sederhana (simple random sampling) pada populasi Kelompok Tani yang mengikuti kegiatan sekolah lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) padi sawah yaitu Kelompok Tani Sadahurip yang berjumlah 18 orang dan kelompok Tani Pangkalan yang berjumlah 16 orang di Desa Mekarhurip Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka.

             Hasil Penelitian Menunjukan terdapat hubungan yang signifikan atau cukup kuat antara faktor-faktor tingkat adopsi petani dengan pengelolaan tanaman terpadu pada usahatani padi sawah.Hubungan inovasi termasuk kategori tinggi, saluran komunikasi termasuk kategori tinggi, kegiatan promosi termasuk kategori tinggi, jenis keputusan inovasi termasuk kategori tinggi.

Kata Kunci :Pengelolaan Tanaman Terpadu, Kelompok tani, Tingkat Adopsi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.