ANALISIS PENDAPATAN PETERNAK SAPI PERAH DI KABUPATEN MAJALENGKA

Ulfa Indah Laela Rahmah, Lili Adam Yuliandri, Eka Maulana Muis Amrullah

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Desa Giri Mulya Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka pada Tanggal 30 Mei - 28 Juni 2020. Lokasi ini dipilih berdasarkan dengan pertimbangan Desa Girimulya Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka  merupakan sentra peternakan sapi perah di Kabupaten Majalengka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan peternak sapi perah di Kabupaten Majalengka dan mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi pendapatan peternak sapi perah di Kabupaten Majalengka.

Responden yang diambil berjumlah 20 peternak sapi perah yang tergabung dalam Kelompok Ternak Mekar Mulya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Peubah yang diamati berupa pendapatan peternak sapi perah di  Kelompok Ternak Mekar Mulya Desa Girimulya Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka meliputi pendapatan usaha peternakan sapi perah, penerimaan usaha peternakan sapi perah, biaya usaha peternakan sapi perah. Model analisis yang akan digunakan adalah model analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata pendapatan peternak sapi perah di Kabupaten Majalengka sebesar Rp Rp 3.174.053,- lebih besar dari UMK Kabupaten Majalengka tahun 2020. Pendidikan peternak berpengaruh negatif sedangkan pengalaman beternak dan jumah kepemilikan ternak berpengaruh positif terhadap pendapatan peternak di Kelompok Ternak Mekar Mulya Desa Giri Mulya Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.