TINGKAT KEPUASAN PETANI TERHADAP KINERJA PENYULUH PERTANIAN

Dandy Nur Afriyandi, Jaka Sulaksana, Sri Ayu Andayani

Abstract


Agenda revitalisasi pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan yang  dicanangkan pada tahun 2005 merupakan salah satu langkah mewujudkan tujuan pembangunan yaitu mengembangkan sistem pertanian berkelanjutan, yang difokuskan pada penataan kelembagaan penyuluhan pertanian, peningkatan kuantitas dan kualitas penyuluh pertanian, peningkatan kelembagaan dan kepemimpinan petani, peningkatan sistem penyelenggaraan penyuluhan pertanian, dan pengembangan kerjasama antara sistem penyuluhan pertanian dan agribisnis. Penyuluh di suatu desa tidak menjamin dapat memberikan hasil yang sama karena tergantung bagaimana penyuluh dapat memberikan kepuasan terhadap petani dengan kinerja yang dihasilkan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana tingkat kepentingan petani dan kinerja pelayanan penyuluh pertanian dan (2) bagaimana tingkat kepuasan petani terhadap kinerja pelayanan penyuluh pertanian.

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Cigasong dimulai bulan September 2019 sampai Mei 2020. Metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis Importance Performance Analysis dan Costomer Satisfaction Index. Hasil perhitungan Importance Performance Analysis menunjukan yang dianggkap petani memliki tingkat kepentingan tertinggi adalah penyuluh mengundang petani untuk menghadiri pertemuan kelompok tani dan tingkat kepentingan terendah adalah kelengkapan dan kesiapan alat peraga penyuluhan. Hasil analisis CSI terhadap kinerja penyuluhan di BPP Kecamatan Cigasong adalah sebesar 81,6%. Nilai tersebut berada pada selang 0,81-1,00. Angka tersebut mengidentifikasi bahwa secara umum petani di wilayah kerja BPP Kecamatan Cigasong berada dalam kategori sangat puas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.