ojs2 has produced an error Message: WARNING: unlink(/home/jurnalunma/public_html/cache/fc-pluginSettings-3-menu samping.php): No such file or directory In file: /home/jurnalunma/public_html/lib/pkp/classes/cache/FileCache.inc.php At line: 57 Stacktrace: Server info: OS: Linux PHP Version: 5.6.40 Apache Version: N/A DB Driver: mysql DB server version: 8.0.39
OPTIMASI POLA TANAM KOMODITI SAYURAN | DINAR | Agrivet : Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian dan Peternakan (Journal of Agricultural Sciences and Veteriner)

OPTIMASI POLA TANAM KOMODITI SAYURAN

DINAR DINAR

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis komoditas sayuran yang unggul, mengidentifikasi komoditas yang menguntungkan secara ekonomis dan menentukan pola tanam yang berpotensi untuk dikembangkan. Penelitian dilaksanakan di Desa Gunungmanik Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka. Responden pola tanam usahatani diambil dari sampel petani yang mengusahakan komoditi terpilih di lokasi penelitian dengan jumlah sampel sebanyak 42 orang menggunakan metode Rumus Slovin. Adapun metode yang digunakan pada analisis komoditas unggulan menggunakan metode Location Quotient (LQ), analisis pendapatan usahatani menggunakan R/C Ratio dan analisis penyusunan pola tanam dengan Linear Programming melalui program LINDO. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil LQ berdasarkan produksi tanaman Sayuran di Kecamatan Talaga tahun 2016 adalah tanaman Kentang, Kubis, Petsai, Tomat, dan Wortel, dengan analisis pendapatan usahatani komoditas sayuran unggulan menggunakan R/C Ratio adalah tanaman kentang 1,18, kubis 1,86, petsai 1,59, tomat 1,49 dan wortel 1,55. Sedangkan pola tanam sayuran yang dilakukan oleh petani masih belum optimal. Hal ini terlihat dari tingkat pendapatan yang dihasilkan pada kondisi optimal lebih tinggi daripada kondisi aktual. Jenis sayuran yang masuk dalam skema optimal adalah kombinasi Wortel pada MT I dengan kubis MT III atau alternative lain yaitu wortel pada MT I dengan Kentang pada MT III. Jenis tanaman tersebut adalah tanaman sayuran yang dapat memaksimalkan keuntungan petani dengan keterbatasan sumberdaya yang dimiliki.

 Kata Kunci: Sayuran, Optimasi, Pola tanam.


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.