KINERJA FINANSIAL DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI KUNYIT INSTAN

NING SRIMENGANTI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengolahan usaha industri kunyit instan, kinerja finansial usaha dan strategi untuk mengembangkan usaha industri kunyit instan dalam merebut keunggulan kompetitif. Metode studi kasus dengan menggunakan teknik analisis deskriptif, analisis rasio keuangan dan analisis SWOT dengan model pendekatan kuantitatif (Matrik IFAS, Matrik EFAS, Diagram  SWOT dan Matrik SWOT). Hasil penelitian meliputi : penyediaan sarana produksi, produksi (sortir, ditimbang, ditiriskan, pemasakan /kristalisasi, pendinginan, penepungan, pengayakan dan pengemasan) dan pemasaran produk berupa kunyit instan  yang siap saji yang dikemas dalam dus kecil berisi 10 sachet @ 20 gram yang telah memiliki standardisasi produk yang baik. Kinerja keuangan  usaha industri kunyit instan ini dalam kondisi baik berdasarkan pada hasil analisis rasio keuangan yang menunjukkan bahwa usaha tersebut sehat dan menguntungkan. Selanjutnya berdasarkan analisis SWOT dengan menggunakan Matrik IFAS, Matrik EFAS, Diagram SWOT dan Matrik SWOT bahwa usaha ini layak untuk dikembangkan karena pada saat ini berada pada posisi kuadran I: mendukung strategi agresif atau strategi yang berorientasi pertumbuhan dengan alternatif strategi pengembangan usaha yang tepat dan layak diterapkan dalam merebut keunggulan kompetitif pada saat ini adalah strategi SO (Strategi Strengths–Opportunities), meliputi: Meningkatkan aktivitas pemasaran dan promosi produk dengan lebih intensif di pangsa pasar lokal dan terutama pasar luar daerah secara langsung atau online. Meningkatkan pengembangan pasar dengan membuka kios –kios retail di dalam atau luar daerah, dengan menjalin pola kemitraan dengan pihak lain dalam pemasaran produk secara langsung dan online.

Kata kunci: UKM  ALGHIFARI, kinerja finansial, dan  usaha industri kunyit instan

 


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.