IDENTIFIKASI MODEL BISNIS KANVAS

DETY SUKMAWATI, MUHAMAD AR RAAFI ARRAAFI

Abstract


Model bisnis kanvas adalah sebuah model bisnis yang menggambarkan dasar pemikiran tentang bagaimana sebuah organisasi atau perusahaan menciptakan, menyerahkan, dan menangkap nilai. Model bisnis kanvas terdiri atas sembilan elemen, yaitu segmen pelanggan, nilai tambah produk, saluran distribusi, hubungan dengan pelanggan, sumber pendapatan, sumber daya kunci, kegiatan inti, mitra utama, dan struktur biaya, untuk itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan model kanvas pada perusahaan Madani Farm. Alur bisnis perusahaan menggunakan model bisnis kanvas terdiri dari : segmentasi pasar berdasar pendapatan, gaya hidup dan geografis, nilai tambah kepada konsumen (penyampaian informasi, layanan pesan antar,ketersediaan produk), saluran distribusi dengan cara menyampaikan langsung ke konsumen, hubungan konsumen dengan cara layanan pesan antar, sumber pendapatan yaitu penjualan produk sayuran, sumberdaya utama perusahaan meliputi lahan, sarana dan prasarana produksi serta sumberdaya manusia, kegiatan inti meliputi produksi dan pemasaran, mitra utama adalah pemasok bahan baku (peternak domba dan toko pertanian), mitra pemasaran (Hotel Grand Paradise,Hotel Gunung Putri,Bakso malang Karapitan, Pasar Caringin).

 

Kata Kunci :Bisnis Kanvas, Sayuran,Madani Farm


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.