Pendekatan Matematika Realistik Dapat Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SDN Munjul III Majalengka
Abstract
Abstrak—Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep matematika khususnya pada pembelajaran matematika di SD negeri Munjul III. Dalam hal ini guru senantiasa mengupayakan agar siswa mampu membuat dan menggunakan sebuah model bangun datar yang divariasikan dengan mengelompokan, mengurutkan, dan merangkaikan sehingga pemahaman konsep siswa meningkat serta terjadinya jalinan antar konsep atau antar topik. Dengan demikian, siswa mampu menemukan caranya sendiri untuk memecahkan pengelompokan bangun datar dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari dua belas tindakan, membahas konsep pengelompokkan bangun datar dari suatu kumpulan benda yang ada di lingkungan sekitar. Berdasarkan hasil penelitian, pengelompokan bangun datar dengan menggunakan pendekatan matematika realistik menunjukan bahwa dengan menggunakan pendekatan matematika realistik ternyata siswa lebih mudah memahami serta sangat antusias dalam mempelajari materi matematika khususnya bangun datar dan memecahkan pada penerapan kehidupan sehari-hari. Interaksi siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru lebih kondusif, hasil pemahaman konsep siswa tiap tindakan selama penelitian berlangsung mengalami peningkatan.
Kata kunci: Matematika Realistik, Pemahaman Konsep.
Full Text:
PDFReferences
Aksinur K, Heni dan Toyibah, H. (2004). Matematika Untuk SD Kelas II. Klaten : Cempaka Putih.
Dahar, R. W. (1996). Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga.
Depdikbud. (1993). Kurikulum Pendidikan Dasar-GBPP Mata Pelajaran Matematika. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikdasmen.
Depdikbud. (1999). Penelitian Tindakan kelas. Jakarta : Direktorat Jenderal. Pendidikan Tinggi. Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah.
Husen Windayana. (2004). CTL Dalam Pembelajaran Matematika SD. Bandung : Jurnal Pendidikan Dasar. 2 Septembar 2004.
Iyus Yusitana. (2005). Peningkatan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Bangun Datar Gabungan Dengan Metoda Pemecahan Masalah Untuk Siswa Kelas V SD. Penelitian PGSD UPI : Tidak Diterbitkan.
Karso, (1998). Pendidikan Matematika I. Jakarta : Universitas Terbuka.
Khafid Suyati M. (2004). Pelajaran Matematika II B. Jakarta : Erlangga.
Nanang Priatna. (2004). Saya Ingin Pintar Matematika Untuk SD Kelas II Semester I.
Nurkamilah, M., Nugraha, M. F., & Sunendar, A. (2018). Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia. Theorems, 2(2).
Priatna, D. (2004). Pemberdayaan LKS dalam Pembelajaran. Bandung : Jurnal Pendidikan Dasar, I, Mei 2004.
Ruseffendi. (1990). Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini. Bandung : Tarsito.
Santoso, E. (2017). Menjebatani Keabstrakan Matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Theorems, 2(1).
Soewito, Dkk. (1991). Pendidikan Matematika I. Jakarta : Depdikbud. Dikti.
Sujana. (2005). Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.
Sunaryo Kartadinata, H., Prof., Dr., M.Pd. (2006). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Suyatno, (1996 / 1997). Pedoman Pelaksanaan Tindakan Kelas (Buku I: Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas). Jakarta : Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen pendidikan dan Kebudayaan.
Tim MKPBM. (2001). Straregi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA.
Ujang Sopian. (2005). Pendekatan Matematika Realistik Dalam Pembelajaran Perkalian Bilangan Asli Untuk Kelas II SD. Penelitian PGSD UPI : Tidak Diterbitkan.
Wardani I. Penelitian Tindakan Kelas 1-6. Jakarta : Universitas Terbuka. Desember 2002.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v3i1.902
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.