Pengaruh Model Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa
Abstract
Abstrak—Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswaserta mendeskripsikan respon siswa terhadap pelajaran matematika dan pembelajaran two stay two stray yang diterapkan. Jenis penelitian ini merupakan kuasi eksperimen.Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palasah Kabupaten Majalengka Tahun ajaran 2016/2017.Adapun Sampelnya yaitu 26 mahasiswa kelompok eksperimen dan 26 mahasiswa kelompok kontrol berdasarkan teknik purposive sampling.Analisis kuantitatif menggunakan Independent Sample t-test, sedangkan analisis kualitatif dilakukan secara deskriptif. Hasilnya menunjukkan adanya pengaruh positif pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis angket skala sikap memperlihatkansikap positif siswa terhadap pelajaran matematika dan pembelajaran two stay two stray yang diterapkan.
Kata kunci: Pemecahan Masalah, Two Stay Two Stray.
Full Text:
PDFReferences
Lie, Anita. (2010). Mempraktikan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas.Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Ratnaningsih, Nani. (2008). Berbagai Keterampilan Berfikir Matematik.Disajikan dalam Acara Seminar Pendidikan Matematika di Universitas Siliwangi Tasikmalaya pada tanggal 8 Maret 2008.Unsil : Tidak Dipublikasikan.
Slavin, Robert E. (2010).Cooperatif Learning (Teori, Riset, dan Praktik ).Bandung : Nusa Media.
Sunendar, A. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Theorems, 2(1).
Tim MKPBM. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.
Wardani, Sri. (2002). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematik Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw .Tesis. UNSIL Tasikmalaya . Tidak dipublikasikan
Wardani, Sri .(2010). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Information Communication Technology (ICT).Disajikan dalam Acara Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2010 di Universitas Siliwangi Tasikmalaya.Unsil : Tidak Dipublikasikan.
Widjajanti, D.B. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya. Disajikan dalam Seminar Nasional FMIPA UNY Tanggal 5 Desember 2009. http://www.scribd.com/doc/35776081/teori-vygotsky (Online 24/12/2010 ) http://valmband.multiply.com/journal/item/11( Online 24/12/2010 )
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v3i1.895
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.