HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA YANG DIMILIKI PESERTA DIDIK KELAS VII MTs

Tria Noor Fatonah, Nur Izzati

Abstract


Regulasi diri merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk mengendalikan kecemasan belajar yang dimiliki siswa, khususnya matematika. Hal tersebut tampak pada siswa kelas VII MTs Negeri Tanjungpinang yang kurang akan regulasi pada dirinya yang menyebabkan kecemasan selama belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan regulasi diri dengan kecemasan belajar matematika yang dimiliki siswa MTs. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi MTs Negeri Tanjungpinang tahun ajaran 2022/2023 dan sampel penelitian kelas VII sebanyak 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket regulasi diri dan angket kecemasan. Metode penelitian menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian yaitu nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,007 < 0,05 dan nilai pearson correlation sebesar 0,478  sehingga terdapat hubungan yang sedang antara regulasi diri dengan kecemasan belajar matematika yang dimiliki siswa kelas VII MTs Negeri Tanjungpinang


Full Text:

PDF

References


Dursun, S. (2015). Investigation of high school students’ attitude and anxiety levels towardsMathematics in terms of some variables. Education Research and Reviews, 10(13), p. 1773-1780.

Faturrahman, et. al. (2012). Pengantar Pendidikan. Prestasi Pustaka Karya.

Judaniastuti, T., & Edwina, T. N. (2019). Hubungan Antara Regulasi Diri Dalam Belajar Dan Kecemasan Siswa Terhadap Ulangan Harian Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Di Provinsi D.I. Yogyakarta. SOSIOHUMANIORA, Vol.5(No.1), 66–69.

Judaniastuti, T., & Noor Edwina S, T. D. (2019). Hubungan Antara Regulasi Diri Dalam Belajar Dengan Kecemasan Siswa Terhadap Ulangan Harian. URECOL: Universitas Muhammadiyah Purworejo, 62–65.

Keshavarzi, A., & Ahmadi, S. (2013). A Comparison of Mathematics Anxiety among Students by Gender. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 83, 542–546. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.103

Purnomo, Y. (2016). Pengaruh Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika.

Rachmah, D. N. (2015). "Regulasi Diri dalam Belajar pada Mahasiswa yang Memiliki Peran Banyak". Jurnal Psikologi, 42(1), 61–77.

Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al Fattah Sumber Mulyo. http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility

Suardana, A. A. P. C. P., & Simarmata, N. (2013). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kecemasan pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar di Denpasar Menjelang Ujian Nasional. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1). https://doi.org/10.24843/jpu.2013.v01.i01.p20

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v7i2.4394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.