ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM) KELAS
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) kelas. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas VII SMP Nizhamul Islam Maron tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian diperoleh dengan tes tertulis dan wawancara. Penelitian ini memberikan hasil bahwa kemampuan numerasi siswa dominan berada pada level rendah dengan persentase sebesar 75%. Kemudian terdapat 16,7% siswa dengan kemampuan numerasi sedang dan sisanya yakni 8,3% berada pada tingkat kemampuan numerasi tinggi. Dari tiap tingkat kemampuan numerasi tersebut dipilih masing-masing 2 siswa sebagai subjek wawancara.
Kata kunci:Kemampuan numerasi, AKM, Matematika.
Full Text:
PDFReferences
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/774
Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). Analisis Rancangan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80–90. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/1010/544
Dwi Cahyanovianty, A., & Wahidin. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1439–1448.
Gerakan Literasi Numerasi. (2016). Buku Literasi Numerasi. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/buku-literasi-numerasi/#
Kurniawan, I., & Rahadyan, A. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI dalam Penyelesaian Soal Tipe AKM pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Didactical Mathematics, 3(2), 84–91. https://doi.org/10.31949/dmj.v2i2.2074
OECD. (2018). Survey International Program for International Student Assessment (PISA). http://www.oecd.org/pisa
Rahmawati, N., & Maryono, M. (2018). Pemecahan Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita Berdasarkan Model Polya pada Siswa Kelas VIII MTs Materi Pokok SPLDV. Jurnal Tadris Matematika, 1(1), 23–34. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.1.23-34
Sani, R. A. (2021). Pembelajaran Berorientasi AKM: Asesmen Kompetensi Minimum. Bumi Aksara.
Sholehah, M., Wisudaningsih, E. T., & Lestari, W. (2022). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi Berdasarkan Teori Polya. Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 65–73. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (keempat). Penerbit Alfabeta.
Sunendar, A. (2016). Mengembangkan disposisi matematik melalui model pembelajaran kontekstual. Jurnal THEOREMS, 1(1), 1–9.
Wardani, A. D., Fathani, A. H., & Alifiani. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk. Jp3 : Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 16(19), 79–86. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12486
Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Cacik, S. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v7i1.4109
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.